Sukses

Polisi Usut Spanduk Khilafah Berlogo PKS

Sejumlah spanduk khilafah berlogo PKS itu terpasang di JPO Bekasi, Depok, dan Serpong.

Liputan6.com, Jakarta Polisi mengusut pemasangan spanduk Khilafah Islamiyah disertai logo Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Spanduk-spanduk itu terpasang di JPO Bekasi, Depok, dan Serpong.

"Itu sedang diselidiki siapa yang masang. Itu kan ada di beberapa JPO. Ditemukan ada di Bekasi," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (7/6/2018).

Setyo belum bisa memastikan ada unsur pidana dalam pemasangan spanduk tersebut. Namun yang pasti, kata dia, perizinan pemasangan spanduk merupakan ranah pemerintah daerah.

"Masang itu harus ada izin, itu kewenangan Satpol PP, bukan Polri. Kita ingin tahu yang masang-masang itu siapa. Kan tanpa izin, bikin resah masyarakat juga itu," tuturnya.

Spanduk Khilafah Islamiyah dengan logo PKS sempat menghebohkan warga Depok, Jawa Barat pada awal Mei 2018. Spanduk serupa juga sempat terpasang di wilayah Bekasi, Jawa Barat pada akhir Mei 2018.

Spanduk-spanduk tersebut telah dilepas. PKS mengklaim, pemasangan spanduk tersebut merupakan fitnah yang bertujuan untuk menjatuhkan partainya.

Baru-baru ini, spanduk serupa juga terlihat terpasang di JPO di wilayah Serpong, Tangerang Selatan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus di Serpong

Spanduk seruan mendirikan negara berbasis 'khilafah islamiyah' bertebaran di BSD, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan. Tiga spanduk dari dua titik JPO (jembatan penyebrangan orang) diturunkan paksa oleh warga yang resah.

Kapolsek Serpong, Kompol Deddy Kurniwan mengatakan, temuan tiga spanduk seruan Khilafah itu, diketahui masyarakat Kamis sekitar pukul 10.00 WIB.

"Karena meresahkan, oleh warga spanduk-spanduk itu diturunkan," kata Deddy, Kamis (7/6/2018).

Deddy menerangkan, ada dua tempat pemasangan spanduk, di Jembatan Penyebrangan Orang depan Perumahan Less Belles-BSD dan JPO depan SDN01 Pondok Jagung, Serpong Utara.

Dari dua titik itu, pihaknya mendapati tiga spanduk yang memiliki tulisan dan pesan berbeda, jugga oleh penyampai pesan berbeda.

"Ada yang mengatasnamakan partai ada juga yang mengatasnamakan perkumpulan," kata Deddy.

Dari spanduk yang berada di depan perumahan Les Belles itu, tertulis "Mempersatukan Umat Dengam Sistem Khilafah Islamiyah" yang didalam spanduk terdapat logo Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sementara untuk spanduk yang berada di JPO depan SDN 01 Pondok Jagung, bertuliskan, "Bersama Menuju Indahnya Khilafah Islamiyah" yang mengatasnamakan Alumni Persatuan 212.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.