Hebat, Ribuan Pohon Kurma Mengakar di Tanah Bekasi

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 07 Jun 2018, 19:39 WIB
Diperbarui 07 Jun 2018, 19:39 WIB

Liputan6.com, Bekasi - Pohon kurma mungkin bisa dengan mudah Anda temui di timur tengah. Tapi ternyata tidak hanya di sana, di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, ada ribuan pohon kurma di atas lahan 5.000 meter persegi.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (7/6/2018), bermula dari niat menolong teman yang lapak jualan kurmanya digusur, Gun Istiaris membeli seluruh kurma temannya. Karena jumlah kurma yang sangat banyak, ia pun iseng mencoba membuat kecambah biji kurma.

Awalnya, banyak yang menertawakan karena pohon kurma dirasa sulit tumbuh di Indonesia. Tapi, kesabaran Gun berbuah hasil. Kini di lahan seluas 5.000 meter persegi sudah ada 4.000 lebih pohon kurma. Bahkan beberapa sudah berbuah.

Gun meyakini, sebenarnya tidak ada kendala berarti dalam pembibitan kurma di Indonesia. Hanya saja, kurangnya informasi yang diterima petani membuat banyak yang gagal panen. Padahal, jika berhasil, keuntungan satu pohon kurma melebihi satu hektare pohon sawit.

"Hambatan utamanya adalah kemauan kita untuk belajar budidaya kurma ini. Di Indonesia sudah mulai banyak pecinta-pecinta kurma," kata pemilik perkebunan kurma maisarah Gun Istiaris.

Ribuan bibit yang ada di perkebunan maisarah milik Gun ini juga dapat Anda beli untuk ditanam dirumah. Harganya cukup terjangkau, jika masih berusia di bawah satu tahun. Namun bisa dibanderol fantastis jika Anda ingin memiliki pohon yang sudah berbuah.