HUT Bung Karno, Megawati Tugaskan Sekjen PDIP Pimpin Ziarah di Blitar

Oleh Luqman Rimadi pada 06 Jun 2018, 20:17 WIB
Diperbarui 06 Jun 2018, 20:17 WIB
Bahas Pemilu 2019 yang Demokratis, PDI Perjuangan Gandeng KPU
Perbesar
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (tengah) saat menghadiri acara Focus Group Discussion di DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Selasa (24/4). Hasto menyampaikan, pemilihan umum harus mengedepankan persatuan bangsa. (Liputan6.com/JohanTallo)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menugaskan Sekjen Hasto Kritiyanto memimpin ziarah bersama di makam Presiden pertama RI Sukarno dengan sejumlah kader PDI Perjuangan yang menjabat kepala daerah.

Momen ziarah bersama itu juga menjadi bagian dari peringatan hari jadi proklamator kemerdekaan RI itu. Dalam pidatonya, Hasto mengatakan acara itu dilakukan untuk mengenang jasa dan perjuangan Sukarno yang telah memperjuangkan kemerdekaan RI.

"Setiap kali peringatan HUT Bung Karno sebagai Putra sang Fajar, Proklamator dan Bapak Bangsa Indonesia, kita berdoa, mengkhidmati kembali, tidak hanya seluruh ide dan gagasan, tetapi juga dedication of life, itu spirit yang terus menjadi energi positif dalam menggelorakan semangat cinta tanah air dan berdedikasi untuk bangsa ini," kata Hasto, seusai ziarah di Makam Bung Karno, Rabu (6/6/2018).

Dia menuturkan, ini merupakan bagian dari acara haul Bung Karno, sebagaimana ditugaskan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Makanya dalam rangka ziarah ini, saya sekaligus juga ditugaskan Ibu Megawati untuk persiapan acara haul nanti," ungkap Hasto.

Dia pun sempat mengutip secara lengkap Dedication of Life yang ditulis Bung Karno, pada 10 September 1966 silam. Ini mengingatkan dia akan dedikasi yang sudah dilakukan Bung Karno untuk bangsa Indonesia, sangat luar biasa.

"Sejak era perjuangan pra kemerdekaan, mengisi kemerdekaan, dan memimpin revolusi Indonesia sehingga diperhitungkan di tingkat dunia, dedikasi itu sangat penting untuk terus digelorakan," kata dia.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Bulan Bung Karno

Bahas Pemilu 2019 yang Demokratis, PDI Perjuangan Gandeng KPU
Perbesar
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum memulai acara Focus Group Discussion di DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Selasa (24/4). (Liputan6.com/JohanTallo)

Karena itu, dia bersyukur bulan Juni menjadi bulan yang didedikasikan sebagai Bulan Bung karno. Dia berharap ke depan ada kesadaran bagi generasi muda untuk mempelajari pemikiran Bung Karno.

"Karenanya, kita sudah tradisikan Bulan Juni sebagai Bulan Bung Karno. Ini sekaligus spirit untuk terus membumikan Pancasila dan ajaran-ajaran Bung Karno," Hasto menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya