Sukses

Anies Pastikan DKI Siap Hadapi Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran

Anies mengatakan, pihaknya ingin memastikan para pengemudi sehat dan bugar sehingga bisa mengemudikan kendaraan membawa pemudik tanpa ada masalah.

Liputan6.com, Jakarta - Jajaran Pemprov DKI Jakarta melakukan apel siaga kesiapan arus mudik dan arus balik di Terminal Pulogebang hari ini. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan Pemprov telah siap 100 persen menghadapi mudik Lebaran 2018.

"Semuanya siap, 100 persen siap. Petugasnya siap, fasilitas infrastrukturnya siap, sarana prasaranan semuanya dalam kondisi siap," kata Anies di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Rabu (6/6/2018).

Persiapan lain yang telah dilakukan DKI adalah pengecekan kesehatan sopir dan uji layak 5.700 bus-bus mudik. Anies menyebut DKI juga menyediakan layanan kesehatan gratis bagi para pemudik.

"Pemeriksaan kesehatan bagi para pemudik yang merasa perlu melakukan pengecekan kesehatan silakan datang ke puskesmas, dilayani gratis biar mudik dalam keadaan sehat," kata dia.

Anies mengatakan, pihaknya ingin memastikan para pengemudi sehat dan bugar sehingga bisa mengemudikan kendaraan tanpa ada masalah.

"Lalu ditempat ini juga dilakukan pengecekan terhadap kelayakan bus membawa penumpang kembali ke kampung halaman," tambah Anies

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Pendataan Warga ke DKI

Untuk arus balik, Anies menyatakan DKI juga sudah menyiapkan pendataan bagi pendatang baru di Jakarta usai mudik lebaran.

"Arus balik muncul nanti kita pastikan bahwa ada pendataan yang benar. ikuti aturan yang ada. Jadi kita menghargai hak warga negara untuk mendapatkan pekerjaan di manapun juga termasuk di Jakarta. Yang penting adalah ketentuan hukum, ketentuan aturan di pencatatan sipil itu ditaati," Anies menandaskan. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.