Sukses

Detik-Detik Evakuasi 4 Pekerja Terjebak Gedung Terbakar di JIExpo

Saat itu, ada empat pekerja yang berada di atas. Beruntungnya, angin berhembus ke arah timur sehingga para pekerja tidak terpapar asap.

Liputan6.com, Jakarta - Petugas pemadam kebakaran berhasil mengevakuasi empat pekerja bangunan keluar di gedung baru milik JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa sore (5/6/2018). Peristiwa penyelamatan pun diceritakan, Direktur Marketing JIExpo, Ralph scheunemann.

Dia menjelaskan upaya penyelamatan saat para pekerja terjebak pada saat kebakaran terjadi. Sekitar pukul 17.00 WIB api menyala tepat di rooftop. Hembusan angin yang begitu kencang mengakibatkan kepulan asap begitu tebal.

Saat itu, ada empat pekerja yang berada di atas. Beruntungnya, angin berhembus ke arah timur sehingga para pekerja tidak terpapar asap.

"Asap hitam bisa menyebabkan orang tidak bisa bernafas ini bahaya," ujar Ralph, Selasa 5 Juni 2018.

Petugas pemadam bergerak cepat dan segera mengevakuasi dari gedung pusat Niaga JIExpo di lantai 7. LKebetulan juga di sana ada connecting tangga yang menghubungkan dengan gedung sebelah.

"Pada waktu angin agak reda tim penyelamat bisa datang untuk menyelamatkan. Pekerja yang bekerja di dalam step by step dikeluarkan," terang dia.

Ralph mengatakan, orang yang terjebak itu bukanlah karyawan. Seluruhnya merupakan pekerja. Sejauh ini kondisinya juga baik.

"Ini bangunan yang sedang under construcktion seperti bangunan yang ada di depan. Jadi mereka sedang bekerja. Sekarang sudah aman tidak ada luka luka sama sekali," ujar dia.

Bukan PRJ yang terbakar

Ralph membantah kabar yang beredar. Dia mengatakan, kebakaran bukan terjadi di arena PRJ.

"Informasi bahwa yang dikatakan arena PRJ kebakaran itu nggak benar karena itu bukan arena PRJ. Tetapi di sampingnya," ujar dia.

"Buktinya sampai sekarang masih berjalan dengan lancar pengujung kita ramai sekali," terang dia.

Selain itu, kebakaran juga tidak terlalu besar. Api hanya menyala di bagian atap gedung saja.

"Saya lihat bagian atas tidak terlalu banyak. Ini bukan seperti kebakaran yang apinya merah menyala. Ini cuma asap yang tebal karena faktor angin yang kencang," tandas dia.

Sementara pemilik JIExpo Kemayoran, Murdaya poo menjelaskan gedung yang terbakar tersebut rencananya akan difungsikan untuk perhelatan Asian Games.

"Peruntukannya untuk convention dan theater. Yang dipakai untuk Asian Games itu ballroomnya aja," ungkap Murdaya di tempat sama.

Proses pembangunanya pun sudah hampir rampung. "Sudah tahap terakhir. jadi gampang lah memperbaiki. Soalnya kan kebakaranya cukup cepat diamankan," dia menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.