Sukses

PPP Yakin PKB Tetap Dukung Jokowi Meski Cak Imin Tak Jadi Cawapres

Ini lantaran PKB memiliki empat kader yang menduduki kursi menteri dalam kabinet kerja Jokowi-Jusuf Kalla.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy yakin meskipun Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhamin Iskandar alias Cak Imin tak terpilih menjadi cawapres, PKB tetap mengusung Jokowi. Sampai saat ini pun PKB juga belum menentukan sikap politik Pilpres 2019.

"Yang paling dekat tentu adalah Partai Kebangkitan Bangsa karena berkali-kali mereka juga menyampaikan meskipun masih harus dengan syarat Cak Imin sebagai calon wakil presiden, tapi saya yakin betul meskipun Cak Imin tidak diambil oleh Pak Jokowi sebagai Calon Wakil Presiden, PKB tetap akan bergabung kepada Pak Jokowi," kata dia di Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Romi sapaan akrabnya meyakini hal tersebut dikarenakan PKB memiliki empat kader yang menduduki kursi menteri dalam kabinet kerja Jokowi-Jusuf Kalla. Dari hal itu dia menilai PKB akan kembali mendukung Jokowi.

"Ini keyakinan saya karena hari ini dia memiliki empat menteri di dalam kabinet, akan terlalu mewah kalo empat menteri itu tidak bergabung lagi dengan pak Jokowi di Pemilu 2019 yang akan datang," tuturnya.

Lebih lanjut Romi menambahkan, meskipun saat ini baru ada lima parpol yang mendeklarasikan Jokowi yakni PDIP, Golkar, PPP, NasDem, dan Hanura, Romi optimis tinggal menghitung waktu akan ada tiga partai yang lain juga bergabung di dalam koalisi Jokowi.

"Dan saya meyakini proses proses percepatan penggabungan menuju 8 partai politik pengusung itu akan terjadi setelah Pilkada usai segala penghitungan yang dilakukan," tandas Romi.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • PKB

  • PPP