Ini 3 Fakta Heboh Sosok Mirip Soeharto di KRL

Oleh Maria Flora pada 05 Jun 2018, 20:16 WIB
Diperbarui 07 Jun 2018, 20:13 WIB
Foto Kakek Mirip Mendiang Presiden Soeharto Viral

Liputan6.com, Jakarta - Bak pinang dibelah dua, wajah yang dimiliki seorang pria paruh baya di dalam commuter line sontak membuat warganet terkesiap. Bagaimana tidak, sosoknya begitu mirip dengan orang nomor satu yang telah memimpin negara ini selama kurang lebih 32 tahun, yaitu mendiang Presiden Soeharto.

Sontak, media sosial dibuat geger saat sang kakek muncul di salah satu akun Twitter yang mengunggah fotonya pertama kali. Ratusan like dan retweets pun membanjiri lini masa dengan beragam komentar unik.

Bahkan tak sedikit netizen yang dibuat takjub akan kemiripan pria berambut putih dengan Pak Harto dan banyak yang ingin bertemu.

Adalah Arbain Rambey, seorang fotografer senior yang mengunggah lewat akunnya @arbainrambey, Rabu malam, 30 Mei 2018. Arbain mengaku mendapat foto tersebut dari temannya yang bernama Gunawan Wicaksono.

"Temenku ketemu bapak ini di kereta....," cuit Arbain di akun Twitterya.

Namun, jika dilihat dari bentuk fisik, kakek ini tampak memiliki tubuh lebih langsing dan terlihat lebih tinggi dibandingkan dengan sosok mendiang Soeharto. Lantas, siapakah sosok pria yang wajahnya mirip Presiden Soeharto di KRL Commuter Line?

Berikut tiga fakta sosok pria paruh baya mirip Pak Harto di commuter line hingga membuat netizen terkejut:

2 dari 4 halaman

1. Heboh Foto Viral Pria Mirip Mendiang Presiden Soeharto

Kisah Cinta Para Presiden RI - Soeharto
Kisah Cinta Soeharto. (Foto: wikipedia)

27 Januari 2008 silam, warga Indonesia berduka atas berpulangnya Presiden ke-2 RI Soeharto di Rumah Sakit Pusat Pertamina. Tangis keluarga pun pecah di ruang perawatan itu.

Kurang lebih 10 tahun berselang, kemunculan sosoknya yang tengah naik KRL dan duduk manis di bangku prioritas bikin warganet geger. Komentar pun ramai memenuhi akun Twiter Arbain Rambey akan sosok yang disebut-sebut sebagai Soeharto itu.

Akun Twitter Donny Kurniawan @donnykrn: Sudah kuduga. Pak Harto memang lagi sembunyi.

Selanjutnya ada #2019GantiPresiden @kerjacerdas: PENAK JAMANKU THO ?

BETUL MBAH. KAMI NYESEL DULU IKUT MELENGSERKAN, PANJENENGAN.

MAAFKAN KAMI, YA MBAH@arbainrambey @hansdavidian

iam_anggasetyawanlubis: Lah,mirip bgt ini dengan pak harto,masya allah..kebesaran allah..

onas87: Beliau ingin melihat negara yg ia bangun sekarang tlah jd kacau balau mngkin min..

Ciutan lainnya juga tak kalah menggelitik. Ada yang mengaku rindu akan sosok Pak Harto yang dikenal sebagai Bapak Pembangunan. Bahkan ada yang mengaitkannya dengan masalah banyaknya Tenaga Kerja Asing yang berimigrasi ke Indonesia.

batman_signal13: Jd rindu bapak pembangunan @soeharto_page

sarah_dwinta: Andai pak harto msh ada pasti TKA ngga bakal berani berbondong2 dtg ke Indonesia 

saintt_bedi: Benarkah pak harto sebenarnya masih hidup

 

 

 

3 dari 4 halaman

2. Identitas Pria Mirip Pak Harto Masih Misteri

Koeswali Somadihardja, kakek yang mirip mendiang Presiden ke-2 RI Soeharto
Koeswali Somadihardja, kakek yang mirip mendiang Presiden ke-2 RI Soeharto (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Hingga kini identitas sosok bapak yang mirip mendiang Pak Harto belum juga diketahui.

Sebelumnya, Akun Instagram @redaksiana menunjukkan identitas pria misterius itu. Pada unggahan kali ini, wajahnya di-close up dari depan yang bersanding dengan foto viral di media sosial.

Senyum manis menghiasi wajahnya yang dipenuhi kerutan sebagai tanda usianya tak lagi muda. Lalu di sana tertulis, bapak itu bernama Koeswali dan tinggal di daerah Pamulang.

"Akhirnya bisa tidur nyenyak. Misteri terbongkar kakek yg sempet viral karna di anggap mirip pak suharto ternyata bernama koeswali tinggal di daerah pamulang," tulisnya.

Jika dilihat dari bentuk fisik, kakek ini tampak memiliki tubuh lebih langsing dan terlihat lebih tinggi dibandingkan dengan sosok mendiang Soeharto. (Instagram seputartangsel)

Sosok Koeswali juga diunggah oleh akun Twitter @wilmar_eko. Di sana, pemilik wajah mirip Presiden ke-2 RI Soeharto tengah berfoto bersama dengan empat pria lainnya. Foto tersebut diambil pada 11 Januari 2018 malam. Sampai sekarang, teka-teki pria yang mirip Soeharto ini belum berhasil dipecahkan. 

Jika dilihat dari bentuk fisik, kakek ini tampak memiliki tubuh lebih langsing dan terlihat lebih tinggi dibandingkan dengan sosok mendiang Soeharto. ( twitter.com/wilmar_eko)

 

4 dari 4 halaman

3. Pria Mirip Soeharto Bukan Koeswali

3 Fakta Heboh Sosok Mirip Soeharto di KRL
Jika dilihat dari bentuk fisik, kakek ini tampak memiliki tubuh lebih langsing dan terlihat lebih tinggi dibandingkan dengan sosok mendiang Soeharto. (Instagram seputartangsel)

Koeswali mengaku, untuk pertama kali dirinya dibilang mirip Soeharto adalah oleh adik iparnya, pada tahun 1985. Semenjak itu, banyak orang yang mengatakan hal serupa. Mulai dari petugas bom bensin, sopir taksi hingga pedagang kaki lima.

Dia pun juga tak mempermasalahkan jika banyak orang mengatakan, wajahnya mirip Pak Harto. Bagi Koeswali adalah sebuah kebanggan jika dirinya disamakan dengan Presiden yang telah menjabat lebih dari 30 tahun itu.

Namun, pria berusia 70 tahun itu membantah jika dianggap sebagai pria di dalam KRL yang juga memiliki wajah sama dengan Presiden Soeharto.

"Sebenarnya yang foto di kereta memakai topi itu bukan saya. Tapi sudah terlanjur viral, jadi ya tidak apa- apa," kata Koeswali Somadihardja (70) saat ditemui di rumahnya di Komplek Permata Pamulang, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Sabtu (2/6/2018).

Pria yang akrab disapa Koes ini juga mengungkapkan, akibat menderita pengapuran, dirinya kini tak bisa lagi keluar rumah. Kalaupun harus keluar, pria tua ini selalu menggunakan tongkat. Kini hari-harinya diisi dengan menjaga lima cucu bersama putrinya.

"Ini tinggal di rumah putri saya sama dengan lima cucu," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓