Sukses

Lurah Cilandak Barat Jelaskan Edaran Rp 1 Juta Tiap RT Bukan untuk Zakat

Lurah Cilandak Barat, Agus Gunawan, pun mengklarifikasi kabar simpang siur seputar seruan yang dikaitkan dengan target zakat.

Liputan6.com, Jakarta - Warga DKI Jakarta dihebokan sepucuk surat edaran Kelurahan Cilandak Barat. Isinya mengenai seruan penghimpunan dana bertemakan Bazis MAP Gerakan Ramadhan.

Lurah Cilandak Barat, Agus Gunawan, pun mengklarifikasi kabar simpang siur seputar seruan itu. Dia menjelaskan surat edaran itu bukan dalam rangka penghimpunan zakat.

"RT pun sudah paham. Itu di luar zakat, cuma sedekah dan setiap tahun ada. Jadi kami ingin memanfaatkan momentum bulan Ramadan untuk mengajak masyarakat bersedekah," ujar dia ketika ditemui di ruangannya, Senin (4/6/2018).

Ia membenarkan menargetkan sumbangan untuk tiap RT sebesar Rp 1 juta. Di Kelurahan Cilandak Barat tercatat ada 144 Rukun Tetangga (RT).

"Cuma untuk memotivasi RT saya harus punya target. Target kerja RT yang diukur dengan nilai," ungkap dia.

Agus mengaku sengaja menentukan besarannya agar warga termotivasi beramal melalui MAP GAR. "Bukan satu KK Rp 1 Juta. Tapi satu RT Rp 1 juta," dia menambahkan.

Melalui program ini, Agus juga ingin memecut rasa kepedulian warga menengah ke atas untuk menyumbangkan sedikit hartanya.

"Kalau enggak digituin yang penduduk elite seenaknya aja," ujar dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Paksaan

Sekali lagi, tegas Agus, target itu sifatnya bukan paksaan. Kalaupun tidak tercapai target tak masalah.

"Potensi tiap RT kan berbeda-beda. Tiap RT ada yang menengah ke bawah ada yang ke atas," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.