Bom Rakitan di Universitas Riau Punya Daya Ledak Sama dengan Teror di Surabaya

Oleh M Syukur pada 03 Jun 2018, 01:01 WIB
Densus 88 Geledah BEM FISIP Universitas Riau

Liputan6.com, Jakarta - Tiga terduga teroris ditangkap Densus 88 dan Polda Riau di kawasan Kampus Universitas Riau. Empat bom rakitan yang siap diledakkan disita, di mana sasaran para terduga inisial Z, D dan K itu adalah kantor DPRD serta DPR.

Menurut Kapolda Riau Irjen Nandang empat bom itu sudah dijinakkan Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Satuan Brimob Polda Riau.

Daya ledak bom ini disebut setara dengan bom yang meledak pada aksi teror di Surabaya beberapa waktu lalu.

"Bahan bakunya sama, sangat sensitif," kata Nandang di Lobi Mapolda Riau, Sabtu, 2 Juni 2018 malam.

Selain bom, petugas juga menyita delapan bahan pembuat bom yang sangat mudah meledak.

Disita pula senapan angin serta dua buah busur dan delapan anak panah dari Sekretariat Mapala Sakai Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Riau.

 

2 of 2

Bom Kantor DPRD dan DPR RI

Kapolda Riau Irjen Nandang  memeberi keterangan terkait penangkapan 3 terduga teroris di Universitas Riau (Liputan6.com/ M Syukur)
Kapolda Riau Irjen Nandang memeberi keterangan terkait penangkapan 3 terduga teroris di Universitas Riau (Liputan6.com/ M Syukur)

Nandang mengatakan tiga terduga teroris ini bersiap melakukan teror dengan sasaran DPRD Riau dan gedung DPR RI di Jakarta.

Tanggal berapa pastinya teror itu dilangsungkan, Nandang menyebut masih didalami Densus dan Satga Anti Teror Polda Riau.

"Yang jelas kami bersyukur, sudah diamankan sebelu bertindak," kata Nandang bersama pihak Rektorat Universitas Riau.

Lanjutkan Membaca ↓