Sukses

Cara BPIP Kembalikan Nilai Pancasila pada Abdi Negara

Wakil Kepala BPIP Haryono akan memberi wawasan Pancasila kepada para anggota TNI, Polri, dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Liputan6.com, Jakarta - Anggota TNI, Polri, serta Aparatur Sipil Negara (ASN) akan kembali mendapatkan pembinaan ideologi Pancasila guna mempertebal kadar ke-Pancasilaan sebagai seorang abdi negara.

Hal ini diungkapkan Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Haryono usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Jumat, 1 Juni 2018.

"Ya kita akan melalukan antara lain, orientasi kebangsaan, salah satunya memberi wawasan Pancasila," kata dia.

Mengapa pembinaan itu dianggap penting, karena menurutnya, kadar kepancasilaan saat ini seperti hilang dari peredaran.

Karenanya, sebagai badan yang ditunjuk langsung oleh Presiden Jokowi, BPIP bertanggung jawab mengembalikan nilai-nilai Pancasila.

"Jadi jangan sekedar menyalahkan mereka (yang diduga terpapar paham di luar Pancasila). Tapi harus kita akui, pascareformasi, wacana Pancasila hilang dari ruang publik. Termasuk ASN yang awalnya disumpah setia pada Pancasila malah alpa. Inilah tanggung jawab kita bersama kembali pada rumah Pancasila," tegas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelajaran Pancasila Kembali Diajarkan

Selain itu, lanjut Haryono, BPIP juga tengah mengupayakan agar materi pelajaran Pancasila bisa kembai menjadi subjek khusus di kalangan pelajar. Pihaknya saat ini tengah melakukan pembahasan internal bersama Kemeterian Pendidikan Kebudayaan.

"Kita berkordinasi dengan Kemendikbud, antara lain bagaimana pelajaran Pancasila bisa berdiri sendiri. Tentu membahas itu perlu proses dan waktu, kami sedang menggodok Dikbud dan BPIP sedanc bekerja," tandas dia.

 

Saksikan video pilihan selengkapnya di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.