Sukses

Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Monas, Sandi Baca Sambutan Jokowi

Upacara hari lahir Pancasila di Monas ini dihadiri para pejabat dan PNS DKI, jajaran Polri, TNI, Resimen Mahasiswa (Menwa), dan berbagai ormas.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memimpin upacara memperingati hari lahir Pancasila di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Dalam upacara, Sandiaga membacakan sambutan Presiden Joko Widodo dalam rangka upacara peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2018.

Dalam sambutan tersebut, Presiden Joko Widodo yang diwakili oleh Sandiaga mengingatkan kemerdekaan Indonesia akan memasuki tahun ke-73.

"Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia. Selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya," ujar Sandiaga di Lapangan Eks IRTI Monas, Jakarta Pusat, Jumat (1/6/2018).

Tak hanya itu, lanjut dia, selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah bagi warga Indonesia yang berbineka Tunggal Ika.

"Insyaallah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia," ucap dia.

Presiden Jokowi, melalui sambutan yang dibacakan Sandiaga, juga mengingatkan sejarah Pancasila dihasilkan dari para pejuang bangsa.

"Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945, dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 2018," papar Sandiaga.

Sementara itu, Presiden Jokowi memimpin upacara hari lahir Pancasila di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta.

Upacara hari lahir Pancasila di Monas ini dihadiri para pejabat dan PNS DKI, jajaran Polri, TNI, Resimen Mahasiswa (Menwa), dan berbagai organisasi kemasyarakatan (ormas).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Upacara di Gedung Pancasila

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jalan Taman Pejambon, Jakarta Pusat, Jumat (1/6/2018) pagi ini.

Dalam upacara tersebut, Presiden Jokowi mengenakan baju adat khas Jawa dengan atasan warna hitam dan memakai blangkon. Adapun Jusuf Kalla mengenakan baju batik krem lengan panjang, lengkap dengan kopiah hitam.

Sekitar pukul 08.02 WIB, upacara memasuki pembacaan teks Pancasila. Teks dibacakan oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan yang juga mengenakan baju daerah. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Upacara hari lahir Pancasila ini dihadiri Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wapres ke-6 RI Try Sutrisno, dan Wapres ke-11 RI Boediono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.