Sukses

Viral, Pemulung di Yogyakarta Kembalikan Uang Temuan Rp 20 Juta

Bukannya tidak membutuhkan uang, pria paruh baya tersebut mengaku tidak mau mangambil yang bukan haknya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Seorang pemulung di Yogyakarta, Jawa Tengah, mendadak viral di media sosial setelah mengembalikan uang Rp 20 juta yang ia temukan. Bukannya tidak membutuhkan uang, pria paruh baya tersebut mengaku tidak mau mengambil yang bukan haknya.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (31/5/2018), inilah Jubaidi, pemulung di Umbulharjo yang belakangan menjadi pembicaraan di media sosial.

Peristiwa terjadi 23 Mei 2018 lalu, saat pria 66 tahun ini hendak pulang melewati Jalan Veteran usai membuang sampah yang sudah dipungutnya sejak pagi hari.

Tanpa sengaja, Jubaidi menemukan sebuah bungkusan tas warna merah tergeletak begitu saja di pinggir jalan.

"Saya menemukan tas warna merah, saya kira ada apa-apanya. Lalu saya buka dan saya kaget, keliatannya uang," kata Jubaidi.

Bukannya menganggap temuan ini sebagai rejeki, perasaan kaget Jubaidi berubah jadi iba. Pria yang sehari-harinya hidup pas-pasan ini justru memikirkan orang yang kehilangan uang. Dia kasihan dan bertekad mengembalikannya pada pemiliknya.

Sejak berita temuan uang Rp 20 juta menyebar, banyak yang datang dan mengaku sebagai pemilik uang. Namun, mereka tidak bisa menyebutkan isi bungkusan secara rinci. Hingga akhirnya pemilik sesungguhnya, seorang warga Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta, bernama Edy Prasetya, datang.

Jubaidi akhirnya mengembalikan seluruh uang hasil temuannya saat sedang memulung.