Sukses

Alasan Pemulung Yogyakarta Kembalikan Uang Temuan Rp 20 Juta

Meski sempat diolok-olok, seorang pemulung sampah di Yogyakarta mencontohkan arti pentingnya kejujuran.

Fokus, Yogyakarta - Sambil membawa gerobak sampahnya, Jubaidi berkeliling kawasan Umbulharjo, Yogyakarta, Jawa Tengah untuk memunguti sampah.

Pria 66 tahun yang hidup seorang diri ini sempat menjadi perbincangan warganet, lantaran aksinya mengembalikan uang puluhan juta rupiah yang ia temukan kepada pemiliknya.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (31/5/2019), uang sejumlah Rp 20,1 juta serta barang berharga lainnya ditemukan, 26 Mei lalu dengan terbungkus plastik yangg tergeletak di Jalan Veteran.

Dengan dibantu perangkat desa setempat dan pihak kepolisian, akhirnya Jubaidi menemukan sang pemilik bernama Edy Prasetya, warga Gunung Ketur, Pakualam, Yogyakarta.

Meski sempat diolok-olok rekannya karena tidak mengambil uang tersebut, pria asli Mojokerto ini tetap bertekad mengembalikan, lantaran merasa iba dan bersimpati kepada sang pemilik yang kehilangan uang.

Selain itu, dirinya juga tidak mau memakai uang yang bukan merupakan haknya.

Jubaidi mengaku bukan kali ini saja menemukan barang berharga saat memungut sampah. Namun, sebisa mungkin dirinya selalu mengembalikan barang temuannya kepada pemiliknya.