Sukses

Jurus Bamsoet Perbaiki Citra Parlemen

Harapan publik terhadap membaiknya kinerja parlrmen dikatakan Bamsoet telah dijawab dengan berbagai terobosan.

Liputan6.com, Jakarta - Dipandang sukses menaikkan citra parlemen di mata masyarakat, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo membuka tips keberhasilannya tak lepas dari pengalaman dan pembelajaran di berbagai organisasi hingga komunitas.

Politisi Golkar yang akrab disapa Bamsoet ini beryukur sejak dirinya menjalankan amanah sebagai Ketua DPR. Menurut dia, citra parlemen perlahan semakin membaik di mata publik. Terbukti dari hasil survei Charta Politika yang dilakukan beberapa waktu lalu, 49,3 persen responden menyatakan optimis terhadap Bamsoet.

Harapan publik terhadap membaiknya kinerja parlemen dikatakan Bamsoet telah dijawab dengan berbagai terobosan, termasuk merampungkan RUU yang dianggap prioritas. Bahkan setelah sukses menuntaskan RUU Anti Terorisme menjadi undang-undang, dirinya meyakinkan RUU KUHP akan rampung sebelum masa bakti parlemen pada periode ini tuntas.

"Program legislasi saya tingkatkan, RUU yang mengalami kemacetan kita urai dan carikan solusi. Hasilnya, RUU Terorisme yang sudah dua tahun tak kunjung selesai, dengan kerja keras bisa diselesaikan dan disahkan menjadi UU. Tidak lama lagi kita juga akan mempunyai Kitab UU Hukum Pidana Nasional yang baru, sebagai pengganti KUHP peninggalan Belanda," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Bamsoet mengaku bersyukur dapat aktif di berbagai organisasi. Beragam ilmu telah ia dapatkan. Selain itu juga menjadi tempat menempa diri dan meniti karier baik dalam berorgansiasi, berbisnis maupun dalam berpolitik.

"Di senat mahasiswa dan HMI saya belajar organisasi dan mengasah kepemimpinan. Di HIPMI saya belajar berwirausaha, di KNPI saya belajar kebangsaan, di ARDIN dan KADIN saya memantapkan pengabdian di dunia bisnis,” Bamsoet bercerita.

“Di KAHMI saya menimba pengalaman di bidang sosial, dan di Golkar saya mengembangkan karier bidang politik. Dari pengalaman manis dan getir yang saya lalui, akhirnya sampailah saya dipercaya Ketua Umum DPP Partai Golkar, Bapak Airlangga Hartarto, menjadi Ketua DPR," sambung Bamsoet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkuat Transparansi

Mantan Ketua Komisi III DPR itu menceritakan, selepas dirinya dilantik menjadi Ketua DPR, program parlemen modern langsung mendapat perhatian serius dengan memperkuat transparansi dan digitalisasi. Berbagai terobosan dilakukan guna mempermudah laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN).

"Kita telah buat MoU dengan KPK agar para anggota DPR bisa melaporkan LHKPN. Sedangkan dalam pelaporan pajak, kita juga sudah buat MoU dengan Dirjen Pajak. Masyarakat juga diberikan kemudahan dalam menyampaikan aspirasinya melalui sistem online. Yang terbaru, sekarang sudah ada aplikasi DPR dalam Genggaman Rakyat, DPR NOW. Bapak dan Ibu bisa download di smartphone masing-masing," tutur Bamsoet.

Melalui aplikasi DPR NOW itu, jelas Bamsoet, cukup dengan membuka smartphone, masyarakat bisa mengakses dan mengikuti seluruh kegiatan DPR. Begitu pun bagi yang ingin menyampaikan aspirasi dan pengaduan, tidak perlu jauh-jauh datang ke gedung DPR. Cukup melalui smartphone masing-masing, maka pengaduan bisa disampaikan dan bisa dimonitor apakah aspirasi dan pengaduannya sudah diperjuangkan atau belum.

"Ini wujud kreativitas DPR menghadapi Revolusi Industri 4.0. Semua terkoneksi secara online dan serba digital. Dengan kemudahan teknologi, kita harapkan kualitas demokrasi akan meningkat sehingga demokrasi benar-benar menjadi jalan bagi terciptanya kemakmuran dan kesejahteraan," tukas Bamsoet.

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.