Menteri PUPR Cek Kesiapan Tol Transjawa Jelang Mudik 2018

Oleh Yusron Fahmi pada 27 Mei 2018, 08:48 WIB

Liputan6.com, Pemalang - Menteri Pekerjaan Umum, Basuki Hadimoeljono meninjau proyek Tol Trans Jawa mulai dari Gandulan Pemalang hingga ke Krapyak Semarang, Sabtu siang, 26 Mei 2018. Menurut Basuki, secara umum jalan tol fungsional ini cukup bagus.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (27/5/2018), yang menjadi catatan hanya pengerjaan jembatan tol di Kali Kuto di perbatasan Kendal dan Batang yang diperkirakan baru bisa dilalui kendaraan pemudik pada H-2 lebaran.

"Proyek ini akan terus dipercepat. Kendala di proyek ini adalah karena ini merupakan tempat-tempat baru. Oleh karena itu ada kendala-kendala kecil," kata Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono.

Sementara itu, sebagian ruas jalan Tol Cisumdawu di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, belum bisa digunakan mudik lebaran tahun ini. Meski proses pengerjaan terus dikebut, masih banyak titik yang belum rampung.

Sebelumnya, jalan tol pertama di Indonesia yang memiliki terowongan ini diproyeksikan bisa digunakan untuk mudik lebaran 2018. Karena itu, polisi dari Polres Sumedang akan mengarahkan para pemudik melintasi Jalan Cadas Pangeran, yang terkenal dengan kelokan-kelokan tajamnya.

Polisi sudah menyiapkan serangkaian rekayasa lalu lintas ke sejumlah jalan alternatif jika terjadi kepadatan arus mudik di wilayah jalur tengah Sumedang ini.

"Diperkirakan jalur ini selesai akhir tahun ini. Jadi, jalan ini belum bisa digunakan pada lebaran tahun ini," ujar Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo.

Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 60 kilometer, menghubungkan Cileunyi, Sumedang, hingga Dawuan. Saat ini, proses pengerjaan jalan tol terfokus pada penyelesaian dua terowongan dengan panjang kurang lebih empat ratus meter.