Sukses

Jumlah Korban Keracunan Keong Sawah di Bogor 85 Orang

Melihat korban terus bertambah, Pemerintah Kota Bogor berniat menetapkan status kejadian luar biasa atas kejadian ini.

Liputan6.com, Bogor - Sebanyak 85 warga Kampung Sawah, Kota Bogor, dirawat di Puskesmas Bogor Utara dan sejumlah rumah sakit lainnya setelah menyantap keong sawah atau tutut. Sebelumnya, mereka mengalami gejala keracunan, seperti mual, pusing, dan muntah-muntah.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (27/5/2018), melihat korban terus bertambah, Pemerintah Kota Bogor berniat menetapkan status kejadian luar biasa atas kejadian ini. Pemerintah menjamin menanggung semua biaya perawatan korban keracunan baik yang ada di puskesmas maupun rumah sakit.

"Kalau yang sudah BPJS tidak ada masalah. Pasien yang umum ini dimanapun mereka berada, ini menjadi tanggung jawab kami. Hari Senin mendatang, kita akan keluarkan surat keputusan walikota atas kejadian luar biasa agar anggaran segera bisa turun," terang PLT Walikota Bogor Usmar Hariman.

Seperti diketahui, puluhan warga Kampung Sawah, Kota Bogor, Jumat malam, 25 Mei 2018, dibawa ke rumah sakit dan puskesmas setelah mengkonsumsi keong sawah atau tutut. Keong sawah itu dibeli warga dari sejumlah pedagang jajanan yang ada di lingkungan mereka.