Sukses

Anies Baswedan: Tarawih Akbar akan Digelar Setiap Tahun

Awalnya tarawih akbar akan diselenggarakan di Monas. Belakangan lokasi pelaksanaannya dipindah ke Istiqlal.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan melaksanakan shalat tarawih pada malam ke 11 bulan Ramadhan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Anies mengaku tarawih akbar yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Masjid Istiqlal ini baru kali pertama dilaksanakan.

"Tadi kita menyiapkan sekitar 30.000 paket buka puasa kemudian dilanjutkan dengan tarawih bersama. Nah kegiatan ini baru tahun pertama," kata Anies, Sabtu (26/5/2018).

Ia didampingi sang isteri tiba di Masjid Istiqlal atau tepatnya di pintu Al Malik, sekitar pukul 18.45 WIB. Saat itu Anies menggunakan baju koko putih, kopiah hitam dan sarung berwarna gelap.

Dirinya pun mengungkapkan kegiatan tarawih akbar ini akan dilakukan setiap tahun atau setiap memasuki bulan suci Ramadhan. Dan untuk hari hijriahnya sendiri akan dilaksanakan di setiap hari Sabtu yang memang sebagian orang sedang libur kerja.

"Karena itu kita mensosialisasikan bertahap dan insya Allah kita akan lakukan ini tiap tahun dan memilihnya memang hari sabtu karena itu hari libur dan tidak dipilih sabtu pertama," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hidayat Nur Wahid Jadi Khatib

Sebelumnya, Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah mengatakan khatib pada saat pelaksanaan salat tarawih akbar nanti akan diisi oleh Wakil Ketua MPR dari Fraksi PKS yakni Hidayat Nur Wahid.

"Imamnya nanti Martomo Malaing, terus penceramah Hidayat Nur Wahid, karena memang kebetulan jatahnya atau gilirannya dia (Hidayat Nur Wahid)," kata Hurairah saat dihubungi merdeka.com, Jakarta, Sabtu (26/5).

Seperti diketahui, Rencana Pemprov DKI melaksanakan Salat Tarawih Akbar di Monas pada 26 Mei mendatang menuai kritik dari berbagai ulama. Akhirnya rencana salat berjemaah tersebut dialihkan, dari Monas ke Masjid Istiqlal.

Reporter: Nur Habibie

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini