Sukses

Ada Motif Politik di Definisi, UU Terorisme Berpotensi Jadi Subversif?

Komnas HAM dan Imparsial mengkritik dimasukkannya motif politik dan ideologi dalam definisi di UU Terorisme.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam UU Terorisme yang baru disahkan, DPR dan pemerintah sepakat memasukkan motif politik dan ideologi dalam definisi terorisme.

Namun, kompromi ini justru menuai kritikan. Direktur Imparsial Al Araf mengatakan, makna motif politik dalam definisi terorisme itu menjadi multitafsir. Sehingga membuat UU Terorisme rawan digunakan untuk menyasar kelompok nonteroris.

"Itu bisa membuka ruang tafsir yang luas. Dengan motif ideologi dan politik, kerawanan potensi ke kelompok-kelompok yang bukan teroris bisa terjadi," kata Al Araf di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (26/5/2018).

Meski begitu, unsur motif politik tidak dimasukkan dalam tindak pidana terorisme di Pasal 5, 6, dan 7. Menurut Al Araf, jik itu dimasukkan akan menyulitkan penegak hukum dalam pembuktian

"Kalau masuk di dalam unsur 5,6,7 (UU Terorisme), itu akan menyulitkan penegak hukum itu sendiri," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dikhawatirkan Jadi UU Subversif

Sementara Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengatakan, motif politik ini berpotensi menjadikan UU yang subversif. Dia menyarankan harus dicermati dalam pengaturannya.

"Motif politik itu kita mengingatkan masa lalu yang kita sebut UU subversif. Orang tiba-tiba ditangkap, tiba-tiba diadili, tiba-tiba ditahan tanpa sesuatu yang jelas. Makanya kita concern terhadap motif politik ini, bagaimana pengaturannya," kata Choirul

Reporter: Ahda Bayhaqi

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.