Erupsi Merapi, Menteri Puan Minta Warga Sekitar Waspada

Oleh Devira Prastiwi pada 26 Mei 2018, 10:03 WIB
Puan Maharani Pimpin Rapat Keamanan Jelang Asian Games 2018

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani meminta warga masyarakat sekitar Gunung Merapi untuk mengikuti segala instruksi yang diberikan oleh pihak-pihak terkait.

"Saya mengimbau untuk masyarakat yang ada di sekitar Gunung Merapi untuk waspada bersiap-siap dan ikut arahan dari pihak-pihak yang ada di sana,” ujar Puan di Klaten, Jawa Tengah, Jumat, 25 Mei 2018.

Menurut Puan, saat ini pemerintah sedang melakukan langkah-langkah tindak lanjut yang berkaitan dengan status waspada di Gunung Merapi.

“Insyaallah kita berharap semua berdoa tidak akan lebih parah situasinya,” ucap dia.

Meski begitu, Puan meminta warga masyarakat untuk tetap berada di tempat-tempat pengungsian yang sudah disiapkan.

“Namun kalau itu pun terjadi berkaitan dengan langkah-langkah evakuasi di daerah tertentu, sudah kita minta untuk pindah ke posko-posko pengungsian dan kita tetap di situ dulu sampai ada pemberitahuan selanjutnya,” tegas Puan.

2 of 2

Hujan Abu Vulkanik

Puan Maharani
Menko PMK, Puan Maharani (tengah) saat memberi sambutan untuk kontingen Piala Dunia anak jalanan di Rusia, Selasa (8/5/2018) (Liputan6.com/Andri Haryanto)

Sebelumnya, hujan abu erupsi Gunung Merapi terjadi di Banyumas dan Cilacap, wilayah timur, Kamis, 24 Mei 2018, antara pukul 08.00-10.30 WIB.

Masyarakat melaporkan hujan abu vulaknik tipis turun sehari setelah erupsi dengan ketinggian kolom mencapai 6.000 meter atau 6 kilometer.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by