Sukses

Penyidik: KPK Tak Atur Senjata Polisi Saat Pengamanan

Dia menegaskan, KPK tidak mengatur jenis senjata yang digunakan polisi saat proses pengamanan tim.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik KPK Ambarita Damanik mengklarifikasi pernyataan Fredrich Yunadi terkait pengamanan polisi saat tim Satgas KPK mendatangi Rumah Sakit Medika Permata Hijau (RSMPH), tempat Setya Novanto dirawat pasca kecelakaan.

Dia menegaskan, KPK tidak mengatur jenis senjata yang digunakan polisi saat proses pengamanan tim.

“Kami tim penyidik kalau penggeledahan biasanya didampingi polisi, jadi tugasnya amankan kami dari kiranya ada orang yang mengganggu dalam bertugas. Soal model senjata bukan kami yang atur,” ujar Damanik saat menjadi saksi terdakwa Bimanesh Sutarjo di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Jumat (25/5/2018). 

Begitu pula saat proses penahanan Setya Novanto di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Menurut Damanik pengamanan polri terhadap tim KPK saat bertugas sudah melekat.

Sebelumya, Fredrich bercerita, Jumat (17/11) siang, saat KPK memindahkan Novanto dari rumah sakit Medika Permata Hijau ke Cipto Mangunkusumo ratusan polisi mengamankan ruang IGD baik di luar atau dalam ruangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fredrich Kritik KPK

Mantan kuasa hukum Setya Novanto itu menjelaskan dia bahkan sempat berdebat dengan para petugas yang menjaga ruang IGD lantaran banyaknya personel polisi lengkap dengan senjata.

“Lalu saya kaget pas masuk IGD kayak ada teroris ISIS, banyak polisi. Ceritanya lebih seram dari penggerebekan Poso," ujar Fredrich.

Ia mengkritik sikap arogansi KPK atas proses penahanan mantan Ketua DPR itu. Menurutnya, KPK selalu bergerombol dengan banyak personel dalam melakukan kegiatannya.

"KPK kan enggak pernah sendirian Pak, KPK selaku geruduk," ujar Fredrich sambil mengacungkan jari kepada Jaksa Penuntut Umum.

Reporter: Yunita Amalia

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.