Sukses

Setelah Istri dan Ibu, Giliran Ayah Zumi Zola Diperiksa KPK

KPK sendiri tengah intens memeriksa keluarga Zumi Zola.

Liputan6.com, Jakarta Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil mantan Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin. Ayah dari Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola itu akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan penerimaan gratifikasi yang menjerat anaknya.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka ZZ (Zumi Zola) dan ARN (Arfan),” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (25/5/2018).

KPK sendiri tengah intens memeriksa keluarga Zumi Zola. Pemeriksaan secara berturut-turut dilakukan terhadap istri Zumi, Sherin Taria, ibunya, Hermina, dan adiknya, Zumi Laza.

Pemeriksaan terhadap keluarga Zumi untuk mendalami soal kepemilikan aset dan penemuan uang pada saat penggeledahan. Keluarga Zumi Zola diduga mengetahui gratifikasi yang diterima Zumi.

Bersamaan dengan pemeriksaan Zulkifli Nurdin, KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap Zumi Zola. "Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka ARN (Arfan)," kata Febri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gratifikasi Rp 6 Miliar

Zumi Zola ditetapkan sebagai tersangka bersama pelaksana tugas Kadis PUPR Arfan. Zumi dan Arfan diduga menerima gratifikasi Rp 6 miliar dari beberapa kontraktor. Uang itu disinyalir diberikan sebagai "uang ketok palu" kepada anggota DPRD Jambi.

Kasus yang menjerat Zumi Zola ini merupakan pengembangan dari kasus suap pengesahan APBD 2018. Dalam kasus pengesahan APBD Jambi ini, KPK lebih dulu menetapkan empat orang tersangka.

Keempat tersangka itu, yakni anggota DPRD Provinsi Jambi Supriyono, Plt Sekda Jambi, Erwan Malik, Plt Kadis PUPR Jambi Arfan, dan Asisten Daerah III Syaifuddin.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Zumi Zola adalah Gubernur Jambi yang menjabat sejak Februari 2016
    Zumi Zola adalah Gubernur Jambi yang menjabat sejak Februari 2016

    Zumi Zola

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi