Sukses

Pansus Optimistis Sinkronisasi RUU Terorisme Rampung Hari Ini

Ketua Pansus Revisi UU Terorisme Muhammad Syafii yakin rapat sinkronisasi akan rampung hari ini, Kamis (24/5/2018).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Pansus Revisi UU Terorisme Muhammad Syafii yakin rapat sinkronisasi akan rampung hari ini, Kamis (24/5/2018). Tim sinkronisasi pansus RUU Antiterorisme dipimpin oleh Hanafi Rais dan pembahasan dilakukan di Badan Anggaran DPR.

"Rapat kita hari ini adalah menuntaskan sinkronisasi karena pasal-pasal yang terdapat di dalam RUU Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme," kata Syafii di dedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (24/5/2018).

Menurut dia, kemarin, tim telah membahas pasal-pasal yang krusial hingga tengah malam. Oleh karena itu, pembahasan hari ini tidak terlalu sulit.

"Karena hanya tinggal membahas pasal-pasal yang berkenaan dengan pencegahan, yakni kesiapsediaan nasional, kemudian kontraradikalisasi dan deradikalisasi," ujar Syafii.

Juga ada pasal-pasal tentang pemulihan terhadap korban yang berkaitan dengan pemulihan psikososial, psikologi, kompensasi dan restitusi yang dibahas dalam sinkronisasi Revisi UU Terorisme.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memastikan Pasal Tidak Saling Bertentangan

Syafii berharap dengan pembahasan tim sinkronisasi hari ini yang dipimpin Hanafi Rais, pansus dapat memastikan tak ada pasal yang bertentangan antara satu dengan yang lain.

"Kedua, tidak ada persoalan yang di mana di pasal yang berbeda kemudian menggunakan istilah yang berbeda-beda. Kemudian ketiga, tidak ada lagi pasal karet karena pasal-pasal yang masih mungkin multitafsir akan diberi penjelasan," ujar Syafii.

"Karena yang dibahas ini kami anggap lebih ke redaksional, maka kita yakini insyaallah sebelum malam nanti kita sudah bisa menyelesaikan pembahasan di timsin. Apalagi pimpinan kita muda, enerjik, dan sangat cerdas luar biasa. Jadi saya yakin ini akan lebih mudah pembahasannya," tambah dia.

Jika tim sinkronisasi selesai, rapat akan berlanjut pada tahap musyawarah dan berlabuh di panja. Setelahnya Pansus baru melakukan rapat kerja dengan pemerintah.

"Insyaallah nanti malam dengan pemerintah untuk mendengarkan pandangan mini fraksi. Kalau itu berjalan dengan lancar, insyaallah besok pagi kita sudah bisa melaksanakan rapat bamus utk menetapkan paripurna," tandas Syafii.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.