Sukses

Penjelasan Polri Soal Konvoi Bendera Israel di Papua yang Jadi Viral

Setyo memastikan kegiatan tersebut tidak bertujuan untuk memecah belah bangsa.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video sebuah konvoi pengibaran bendera Israel di Jayapura, Papua viral di media sosial. Polri pun memberikan penjelasan terkait peristiwa tersebut.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, pengibaran bendera Bintang David di Papua itu tidak ada kaitannya dengan kegiatan terkini di Israel. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memperingati misi penyebaran agama Nasrani di Papua.

"Keterangan dari Polda Papua bahwa ini adalah peringatan misi. Mereka meyakini bahwa pusat penyebaran agama Nasrani itu di Yerusalem," ujar Setyo di Jakarta Selatan, Rabu 23 Mei 2018 malam.

Setyo menuturkan, kegiatan tersebut tidak bertujuan untuk memecah belah bangsa. Apalagi menurut dia, kegiatan tersebut bukan hanya terjadi kali ini saja, tapi sudah menjadi tradisi di Papua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Gerakan Separatis

Dia juga menegaskan, pengibaran bendera Israel itu dilakukan oleh warga Papua biasa, bukan dari kelompok separatis tertentu.

"Ini kan peringatan. Itu Yerusalem. Laporan dari sana (Polda Papua), bukan hanya sekarang, beberapa waktu lalu juga ada karena mereka menganggap itu," ucap Setyo.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.