Sukses

3,5 tahun Pemerintahan Jokowi-JK, Ini Program Nawacita Paling Populer

Program Nawacita yang digulirkan Jokowi-JK berisi 9 butir program untuk membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki 3,5 tahun pemerintahan Joko Widodo atau Jokowi dan Jusuf Kalla, Indo Barometer merilis hasil survei terkait tingkat pengetahuan dan kepuasan masyarakat terhadap program Nawacita yang digulirkan Jokowi-JK.

Hasilnya, 37,6 persen responden mengaku tahu dan kenal butir-butir yang terkandung di dalam Nawacita. Sisanya, 58,2 persen mengaku belum tahu.

Survei Indo Barometer lalu mencacah sembilan program Nawacita satu per satu. Hasilnya, masyarakat paling tahu butir ketiga dan pertama dari program Nawacita tersebut.

"Program Nawacita 3, upaya membangun Indonesia dari pinggiran dan pedesaan meraup hasil sebesar 60, 4 persen," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari di Jakarta, Selasa 22 Mei 2018.

Sedangkan butir pertama, upaya perlindungan keamanan bagi seluruh warga negara melalui politik luar negeri bebas aktif, keamanan nasional yang terpercaya, pembangunan pertahanan dan memperkuat negara maritim meraih angka 53,8 persen.

Selanjutnya, butir Nawacita yang populer di masyarakat adalah butir kelima, melalui program Indonesia pintar serta peningkatan kesejahteraan masyarakat, dengan angka 53,4 persen.

Menyusul butir ke-4 soal reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya dengan angka 46,8 persen.

"Untuk upaya melakukan revolusi karakter bangsa melalui kebijakan penataan kembali kurikulum pendidikan nasional, di program Nawacita ke delapan, hasilnya baru meraih 46,5 persen," lanjut Qadari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nawacita Terkait Ekonomi

Sedangkan butir ke-9 Nawacita, yakni upaya memperteguh kebinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia melalui pendidikan kebinekaan dan ruang-ruang dialog antar warga, meraih angka 44 persen.

Berikutnya isi Nawacita terkait ekonomi, yang ada di butir ke-6 dan ke-7, posisinya dinilai belum memuasakan.

"Program Nawacita 6 tentang upaya meningkatkan produktivitas rakyat dan meningkatkan daya saing di pasar internasional hasilnya ada di angka 43 persen, dan butir ke-7 berisi upaya mewujudkan kemandirian ekonomi dengan sektor-sektor strategis ekonomi domestik, hasilnya baru sebesar 41 persen," jelas Qadari.

Program Nawacita berisi 9 butir program untuk membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya.

Secara keseluruhan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pencapaian program Nawacita baru 39,4 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.