Sukses

Citra DPR Membaik, Bamsoet Targetkan Produktivitas Legislasi Meningkat

Survei Charta Politika menunjukan citra Parlemen semakin positif di bawah Bambang Soesatyo.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi hasil survei Charta Politika. Temuan lembaga itu menunjukan citra Parlemen makin positif di bawah kepemimpinannya.

Pria yang akrab disapa Bamsoet menyatakan, kepercayaan publik harus dijaga dan menjadi pemacu anggota dewan kerja lebih keras lagi.

"Saya hanya ingin melakukan pekerjaan sebaik-baiknya. Terutama mendorong lembaga ini kerja jauh lebih keras dalam mendengar aspirasi masyarakat," kata Bamsoet lewat siaran pers diterima, Rabu (23/5/2018).

Ia berambisi, ke depan DPR bisa menyelesaikan lebih banyak RUU lagi, sesuai target Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2017. Dengan demikian, produktivitas DPR meningkat dibanding tahun sebelumnya.

"Tidak seperti tahun lalu di mana DPR hanya bisa menyelesaikan 4 RUU secara kumulatif terbuka dari target 49 RUU yang masuk dalam Prolegnas Prioritas 2017," jelas dia.

Bamsoet mengakui, banyak faktor yang menyebabkan rendahnya kinerja legislasi dalam kepemimpinan sebelumnya. Ia mencontohkan kurang kuatnya komitmen salah satu pihak, baik DPR maupun pemerintah, menyelesaikan tahapan pembentukan UU yang telah direncanakan.

Selain itu, ia juga menyoroti lemahnya koordinasi antar-lembaga pembentuk UU, dan kurangnya pemahaman terhadap proses pembentukan UU.

"Jadi yang bisa kita lakukan untuk membenahinya adalah dengan bekerja lebih giat lagi. Terutama pada persoalan yang sedang menjadi perhatian masyarakat," tegas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Survei Charta Politika

Seperti diketahui, Charta Politika merilis hasil survei soal kinerja Parlemen usai Bambang Soesatyo dipercaya sebagai ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Hasilnya, meski kepemimpinannya belum genap setengah tahun, Bamsoet dinilai mampu mengembalikan kepercayaan publik terhadap citra legislatif.

"Sebanyak 49,3 persen responden menyatakan optimis (DPR) dengan Bamsoet. Sementara Setya Novanto hanya 17 persen Sisanya 33,7 persen menjawab tidak tahu," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, Senin (21 Mei 2018) lalu.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan pada 13-19 April 2018, kepada 2.000 responden yang dipilih dengan metode multistage random sampling, Margin of errordari survei +- 2,19%, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.