Kenali Melanoma, Kanker Kulit Ganas yang Menyerang Menantu Hatta Rajasa

Oleh Maria Flora pada 22 Mei 2018, 16:37 WIB
Diperbarui 22 Mei 2018, 15:02 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Adara Taista, menantu mantan Menko Perekonomian Hatta Rajasa, meninggal di usia 27 tahun. Adara menderita kanker kulit ganas melanoma sejak setahun terakhir. Dokter kulit mengingatkan agar tidak mengganggap sepele tahi lalat.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (22/5/2018), Adara Taista dimakamkan, Senin, 21 Mei kemarin, bertepatan dengan hari ulang tahun sang suami, Rasyid Rajasa.

Baru 5 bulan menikah, Adara Taista mengembuskan napas terakhirnya saat dirawat di Tokyo, Jepang, Sabtu lalu.

Melanoma, merupakan salah satu kanker kulit terganas. Tidak hanya menyerang kulit, melanoma dapat tumbuh di bagian tubuh lainnya. Bahkan organ internal, seperti yang dialami menantu Hatta Rajasa ini.

Pancaran sinar ultraviolet menjadi salah satu penyebab utama melanoma. Lantas bagaimana pencegahannya agar tidak terpapar langsung? Hindari paparan sinar matahari, pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB. Saat itu, pancaran sinar ultraviolet sedang kuat.

Kenali tahi lalat di tubuh Anda untuk deteksi dini melanoma. Apabila bentuk tidak simetris dan tidak beraturan, warna bervariasi, berdiameter lebih dari 6 milimeter, dan terjadi perubahan pada tahi lalat, segera periksakan diri Anda ke dokter.