Sukses

Cerita Jimly soal Menteri Ramai-Ramai ke Rumah Habibie Minta Mundur

Mendengar kabar Soeharto akan mundur besok, semua kaget, tapi juga bergembira. Bahkan saat itu Jimly diminta untuk memimpin doa.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim se Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie, menceritakan pengalamannya saat Presiden Soeharto mundur dari jabatannya. Kala itu, dia menjabat sebagai Asisten Wakil Presiden BJ Habibie.

Menurut Jimly, malam sebelum Soeharto lengser, Menteri Koordinator Ekonomi, Keuangan, dan Industri yang juga Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) saat itu, Ginandjar Kartasasmita, bersama beberapa menteri lainnya hadir di kediaman BJ Habibie.

Kedatangan Ginanjar untuk menyampaikan, anggota kabinet mengundurkan diri.

"Malamnya saya mendampingi Pak Habibie menerima para menteri yang mengundurkan diri dipimpin oleh Menko Pak Ginandjar, di rumah Beliau malam-malam. Pak Habibie tidak tahu ada kabinet yang mengundurkan diri," kata Jimly di Sarasehan Nasional Keluarga Bangsa ICMI dengan tema Refleksi 20 Tahun Reformasi, Jakarta, Senin (21/5/2018).

Mendengar kabar tersebut, ungakap Jimly, Habibie langsung meminta untuk menelepon Soeharto. Namun, telepon tersebut dijawab oleh Menteri Sekretaris Negara Saadillah Mursjid.

"Langsung bicara ke Pak Habibie, intinya Bapak tidak perlu bertemu dengan Presiden malam ini. Besok Presiden akan mundur dari jabatan Presiden, besok," ungkap Jimly.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Bersama

Mendengar pernyataan itu, semua pihak kaget, tapi juga bergembira. Bahkan saat itu Jimly diminta oleh Ginandjar untuk memimpin doa.

"Maka kita berdoa, sama-sama mendoakan Indonesia, mendoakan Pak Harto, dan mendoakan Pak Habibie," pungkas Jimly.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.