Sukses

Kemenhub Sediakan Pengiriman Sepeda Motor Gratis Selama Mudik Lebaran

Akibat tingginya angka kecelakaan pada mudik lebaran, maka pemerintah dari tahun ke tahun gencar menyediakan mudik gratis.

Liputan6.com, Yogyakarta - Akibat tingginya angka kecelakaan sepeda motor saat mudik lebaran, maka pemerintah dari tahun ke tahun gencar menyediakan jasa pengiriman motor gratis ke kampung halaman.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (21/5/2018), pengiriman sepeda motor dapat dilakukan melalui jalur darat dan jalur laut. PT KAI rencananya melakukan proses pengangkutan mulai 8 Juni hingga 25 Juni 2018.

"Bahkan dibuktikan dalam riset kita, 70 persen kecelakaan dua tahun berturut-turut itu karena motor. Oleh karena itu, tahun ini saya intensif sekali untuk meminta saudara kita untuk tidak menggunakan motor. Maka lebih baik naik kereta api, naik bus supaya keselamatan mereka terjaga," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Dengan fasilitas pengiriman sepeda motor gratis ini, selain lebih aman, pemudik yang ingin membawa sepeda motornya ke kampung halaman tidak perlu repot.

Sejumlah rute telah disedikan. Dari Stasiun Jakarta Gudang (JAKG) menuju ke Stasiun Surabaya Pasar Turi, Stasiun Kutoarjo, dan Stasiun Blitar. Untuk informasi mudik sepeda motor gratis selengkapnya, kunjungi laman mudikgratis.dephub.go.id.

Sementara, risiko kecelakaan motor semakin meningkat disaat pemudik mengantuk dan lelah akibat jarak tempuh yang jauh dan jalur mudik yang cenderung macet parah.