Sukses

Ini Deretan Pemenang Liputan6 Awards Tahun 2018

Sejumlah sosok inspiratif menerima Liputan6 Awards berkat karyanya yang luar biasa bagi lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah sosok inspiratif menerima Liputan6 Awards berkat karyanya yang luar biasa bagi lingkungan. Ada beberapa kategori pemenang yang berhasil menyabet penghargaan bergengsi ini.

Event tahunan dari program berita Liputan 6 sendiri telah menginjak usia ke-9 tahun pada 2018. Sekaligus, bertepatan dengan HUT ke-22 tahun Liputan 6.

Salah satu pemenang dalam ajang Liputan6 Awards tahun ini adalah Novi Bayu Darmawan. Dia memenangi kategori inovasi atas usahanya membangun Kampung Marketer guna membantu pengentasan kemiskinan di lingkungannya, yakni Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Penghargaan untuk Novi langsung diberikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di atas panggung.

"Dia membangun kampung marketing bukan hanya menegentaskan kemiskinan tapi mengubah stigma nyari uang mesti ke kota-kota," ujar Imam di atas panggung, di Multifunction Hall Lt. 8, SCTV Tower, Jakarta Selatan, Minggu (20/5/2018).

Imam berharap, ke depannya akan ada Novi-Novi lain yang dapat menyebarkan "virus" kreativitasnya untuk membangun lingkungan di sekitarnya.

"Tentu ini menjadi inspirasi kita semua, saya berharap tidak berhenti di sini, di Novi. Jadi ada Novi-Novi baru," kata Imam.

Kampung Marketer sendiri digagas Novi dengan mengajak warga desa untuk memberdayakan semua potensi yang ada di sana untuk berdagang secara online sebagai cara memanfaatkan perkembangan teknologi digital yang ada.

"Jadi banyak anak muda enggak perlu merantau ke kota-kota. Tadinya baru 250 orang, tapi sewaktu saya ke Jakarta sudah 350 lebih. Mimpi bisa mencetak 1.000 orang," ucap Novi di atas panggung, ketika menerima penghargaan.

Adapun daftar pemenang Liputan6 Awards adalah sebagai berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nama Pemenang

Pemenang Kategori Lingkungan Hidup: Sadiman

Pemenang Kategori Kemanusiaan: Edi Fadhil

Pemenang Kategori Inovasi: Novi Bayi Darmawan

Pemenang Kategori Pemberdayaan Masyarakat: I Ketut Budiarsa

Pemenang Kategori Pemberdayaan UMKM: Santi Setyaningsih

Tahun 2018 ini, Liputan 6 Awards juga mengadakan Local Heroes Video Competition. Ajang ini membuka kesempatan pada masyarakat di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi aktif untuk menghadirkan sosok-sosok inspiratif ke layar kaca.

Berikut daftar pemenangnya:

Pemenang Kategori Best Directing: Prigi arisandi, Laskar Sungai

Pemenang Kategori Pelestarian Budaya dan Best Story: I Putu Gede Paramadipa

Pemenang Kategori Best Picture: Ki Suripto, Pejuang Kebudayaan

Pemenang Kategori Best Video dan Best Editing: Pasijah The Untold Story.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini