Sukses

Eks Wakil PM Malaysia Anwar Ibrahim Temui BJ Habibie Besok

Pertemuan tersebut rencananya akan digelar di kediaman Habibie di bilangan Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Wakil Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim akan menemui Presiden ke-3 RI BJ Habibie pada Minggu 20 Mei 2018 besok.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pertemuan tersebut rencananya akan digelar di kediaman Habibie di bilangan Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

"Iya (ada pertemuan Anwar Ibrahim dan BJ Habibie besok)," ujar Executive Director Habibie Center Ima Abdulrahim ketika dikonfirmasi Liputan6.com, Sabtu (19/5/2018).

Hanya saja Ima tak menjelaskan lebih detil terkait waktu pertemuan dua mantan petinggi negara tersebut. Ima juga tak menjawab saat ditanya perihal pertemuan tersebut.

Sebelumnya, Anwar Ibrahim juga menemui Raja Malaysia Sultan Muhammad V di Istana Negara, Rabu 16 Mei 2018 lalu. Pertemuan dilakukan setelah Sultan Muhammad V memberikan pengampunan penuh terhadap figur top oposisi dan pemimpin de facto Parti Keadilan Rakyat (PKR) tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengampunan Penuh

Anwar Ibrahim telah menerima pengampunan dari Raja Malaysia pada Rabu, 16 Mei 2018, sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Pengampunan itu diperoleh Anwar saat dirinya baru saja selesai menjalani operasi atas masalah cedera bahu di Rumah Sakit Rehabilitasi Cheras, Kuala Lumpur.

Sejak beberapa bulan terakhir, Anwar menjalani menjalani masa hukumannya di Rumah Sakit Rehabilitasi Cheras, demi menjalani perawatan dan pemulihan atas cedera bahu yang ia derita.

Anwar terlihat telah meninggalkan Rumah Sakit Rehabilitasi Cheras sekitar pukul 11.30 waktu setempat.

Usai keluar dari rumah sakit, Anwar sempat mengacungkan jempol kepada para pendukungnya yang telah menunggu sejak Selasa 15 Mei malam. Setelah itu, ia masuk ke mobil yang membawanya pergi ke Istana Negara.

Menurut pengacara, Raja Malaysia mengabulkan pengampunan penuh terhadap Anwar. Ia juga terbebas dari seluruh dakwaan hukum yang sempat membelitnya dan diizinkan untuk terjun kembali ke kancah politik Negeri Jiran.

"Pengampunan itu seutuhnya membuktikan bahwa ia (Anwar) tidak bersalah," kata Nurul Izzah, putri Anwar Ibrahim kepada Channel News Asia.

Anwar Ibrahim mendekam di Lembaga Pemasyarakatan Sungai Buloh sejak Februari 2015, usai menerima vonis 5 tahun penjara atas kasus sodomi terhadap mantan asisten pribadinya.

Kala itu, kasus tersebut dinilai sarat kontroversi. Beberapa pihak menyebutnya sebagai 'peristiwa yang dibuat-buat' guna mendiskreditkan Anwar Ibrahim dalam kancah perpolitikan Malaysia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.