Sukses

Mantan Napi Teroris: Generasi Saat Ini Beda dengan Dulu

Mantan narapidana terorisme Yudi Zulfachri mengungkapkan, teroris generasi hari ini sangat berbeda dibanding sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan narapidana terorisme Yudi Zulfachri mengungkapkan, teroris generasi hari ini sangat berbeda dibanding sebelumnya. 

"Kita harus memahami dulu bahwa generasi hari ini beda dengan yang dulu yang kita kenal, seperti Nurdin M Top," ujar Yudi dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (19/5/2018).

Dia menyebut, teroris generasi dulu mungkin lebih banyak bersifat strategi dalam memilih target atau melakukan aksi.

"Misalnya melakukan aksi di tempat-tempat asing, itu karena ada suruhan dari Al Qaeda untuk menyerang asing. Hari ini berbeda," ucap dia.

Generasi teroris hari ini, kata Yudi, lebih kuat pada doktrinnya. Doktrinnya mengenai tauhid.

"Artinya apa, ketika pelaku terorisme itu melakukan sesuatu itu dilakukan untuk pembuktian tauhid dia, pembuktian iman dia," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 Kalimat Syahadat Belum Tentu Sah

Yudi mencontohkan, dalam tauhid itu, para teroris ini setelah mengucapkan dua kalimat syahadat belum tentu sah menjadi orang Islam.

"Kita sudah syahadat, salat, puasa, tapi belum sah, karena dalam syahadat ini, dalam ajarannya ini terbagi rukun bermakna," tuturnya.

"Rukun syahadat ini salah satunya mengingkari tauhid. Jadi kalau kita sudah mengucap syahadat, beriman kepada Allah, tapi tidak mengingkari tauhid, maka belum sah Islamnya," tandas Yudi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.