Sukses

Badan Siber dan Sandi Negara Petakan Jaringan Teroris di Setiap Daerah

BSSN melihat permasalahan terorisme sudah dipegang para penegak hukum dan TNI.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Mayjen (Purn) TNI Djoko Setiadi sedang memetakan jaringan teroris yang ada di daerah. Akan tetapi, Djoko enggan merinci proses identifikasi penyebaran konten yang dilakukan aktor terorisme.

"Kalau peta, kan, memang harus kita buat sesegera mungkin, sehingga nanti masukan ke aparat keamanan bisa memgantisipasi. Kalau peta harus segera dibuat," kata Djoko di kantornya, Jalan Harsono RM No 70, Ragunan, Jakarta Selatan, Jumat (18/5/2018).

Dia menjelaskan, pihaknya memiliki empat deputi. Dan empat deputi itu memiliki tugasnya masing-masing. Salah satunya bertugas untuk mengamankan jaringan teroris, baik pemerintah hingga privat.

Akan tetapi, dia mengklaim masih terkendala dengan struktur BSSN yang masih dalam transisi dari lembaga sebelumnya yang dikenal dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg).

"Nanti kami tunjukkan kepada bangsa ini bahwa kami sudah siap bekerja," kata Djoko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Libatkan Masyarakat

Dia juga melihat permasalahan terorisme sudah dipegang para penegak hukum dan TNI. Tetapi Djoko menegaskan harus melibatkan masyarakat untuk mencegah teror.

"Bahkan Pak Wakapolri (Komjen Syafruddin) juga bicara bahwa ini tanggung jawab seluruh Indonesia. Warga juga diminta kepekaannya ketika mendapat ada yang mencurigakan segera lapor ke aparat," tegas Djoko.

 

Reporter : Intan Umbari Prihatin

Sumber : Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.