Polri Naikkan Pangkat Iptu Auzar yang Gugur di Serangan Teroris Polda Riau

Oleh Nafiysul Qodar pada pada 16 Mei 2018, 18:39 WIB
Aipda Auzar, anggota polisi yang jadi korban penyerangan teroris di Mapolsek Riau dikenal sebagai sosok yang taat beragama. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Jakarta - Polri memberikan kenaikan pangkat luar biasa terhadap Ipda Auzar, anggotanya yang gugur dalam penyerangan teroris di Mapolda Riau, pagi tadi. Pangkat Ipda Auzar pun naik setingkat menjadi Iptu Luar Biasa Anumerta.

"Sudah dinaikkan anumerta. Jadi Iptu luar biasa. Karena saat menunaikan tugas negara," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal di kantornya, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Saat kejadian, Iqbal menuturkan, Iptu Auzar tengah melaksanakan tugasnya sebagai seorang polantas. Dia tengah melakukan sterilisasi jalan menuju Mapolda Riau terkait penyerangan oleh sekelompok teroris.

"Ini situasi khusus, harus steril, tidak boleh ada masyarakat. Kalau kita tidak (sesuai) SOP itu dimungkinkan ada masyarakat yang kena. Tapi ya ditabrak terduga teroris itu," kata dia.

Iptu Luar Biasa Anumerta Fauzar meninggal dunia setelah ditabrak salah satu terduga teroris yang berusaha melarikan diri menggunakan mobil di Mapolda Riau, pagi tadi.

Dalam peristiwa ini, empat terduga teroris tewas ditembak. Sementara, satu lainnya ditangkap dalam kondisi hidup setelah sempat kabur dengan mobilnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

1 of 2

Geledah 5 Lokasi

Kepolisian Resor Kota Dumai menggerebek sejumlah lokasi pascaserangan teroris di Mapolda Riau, Rabu (18/5/2018) pagi tadi. Kepala Polres Dumai, AKBP Restika Nainggolan mengonfirmasi informasi itu.

Melalui sambungan telepon kepada Riauonline.co.id, ia menyatakan penggeledahan dilakukan di beberapa lokasi berbeda.

"Benar, kita melakukan penggeledahan. Lima titik," kata Restika.

Namun, dia mengatakan belum bisa menyampaikan hasil penggeledahan tersebut. Dia hanya menyampaikan, penggeledahan itu dilakukan oleh Polres Dumai dengan bantuan Polda Riau.

"Hasilnya belum bisa saya sampaikan. Nanti saya lapor ke Pak Kapolda (Irjen Pol Nandang) dan beliau akan berikan keterangan kepada pers," ujarnya.

Informasi yang dirangkum, puluhan personel polisi bersenjata api lengkap menyasar sejumlah lokasi di Dumai. Salah satu lokasi yang disasar adalah sebuah gubuk yang berlokasi di Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai.

Lanjutkan Membaca ↓