Sukses

Pelibatan TNI di UU Terorisme, Wiranto: Jangan Khawatir Akan Superior

Wiranto meminta masyarakat tak perlu khawatir tentang pelibatan TNI di UU Terorisme.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menjamin, pelibatan TNI dalam Revisi Undang-Undang Terorisme (RUU Terorisme)  tak akan membuat aparat penegak hukum tersebut menjadi superior.

"Kan kita tahu bahwa terorisme ini tidak bisa dihadapi dengan sepotong-potong, dia bergerak total, kita dihadapi dengan total. Jadi tidak mungkin kita punya kekuatan yang tidak total dan terorisme menggunakan kekuatan yang total. Maka logikanya, rasionalitasnya TNI harus dilibatkan dengan aturan tertentu," kata Wiranto di rumah dinasnya, Jalan Denpasar No 9, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (14/5/2018).

Mantan Panglima ABRI era Soeharto ini juga menekankan, masyarakat tak perlu khawatir tentang pelibatan TNI di UU Terorisme. Sebab, menurutnya, peran militer sangat membantu Polri dalam membasmi terorisme secara total. 

"Jangan sampai kekhawatiran kita masa lalu TNI akan superior, akan kembali ke orde- orde sebelummya, ada juncto militer. Sudahlah itu saya kira saya jamin tidak akan kembali ke sana, itu sudah selesai masa itu," kata dia.

Wiranto mengatakan, adanya terorisme, namun karena TNI tidak boleh bergerak, artinya aparat keamanan menghadapi teror tersebut dengan keadaan terborgol.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbau Masyarakat Tenang

Wiranto mengimbau kepada masyarakat Indonesia agar tetap tenang. Kekuatan aparat akan dikerahkan penuh untuk mengamankan negara dan mengawasi terorisme dengan ketat.

"Aparat keamanan akan meningkatkan penjagaan, keamanan lingkungan," kata dia

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.