Sukses

TGB Yakin Demokrat Memberikan Peluang Dirinya Maju di Pilpres 2019

Sampai saat ini belum ada keputusan final Partai Demokrat mengusung AHY atau tokoh siapa pun.

Liputan6.com, Jakarta - Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi mengaku masih yakin Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan kesempatan kepada semua kader untuk maju di Pilpres 2019, termasuk dirinya. Partai Demokrat selama ini selalu menjagokan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon pemimpin masa depan Partai Demokrat.

"Saya selalu ber-husnudzon, keputusan belum ditetapkan oleh Partai Demokrat dan sepanjang komunikasi dengan ketua umum, Beliau orang yang menghormati sistem," ujar TGB di Kompleks Parlemen, Jakarta Selatan, Rabu (9/5/2018).

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) menjelaskan, sampai saat ini belum ada keputusan final Partai Demokrat mengusung AHY atau tokoh siapa pun. Soal siapa kader yang akan dijagokan, menurutnya ada prosedur yang harus ditetapkan dalam Majelis Tinggi Partai Demokrat.

"Ada prosedur, prosedur yang harus dilakukan sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, itu melalui keputusan mejelis tinggi," TGB menjelaskan

Saat ditanya apakah telah menghadap ke SBY, dia mengatakan belum ada komunikasi. Saat ini, dia mengakui tiap kader ditugaskan SBY untuk turun ke masyarakat dan memberikan kontribusi langsung, dengan caranya sendiri.

"Secara umum memang kita semua kader untuk membangun komunikasi dengan masyarakat untuk terus mencari ruang untuk berkontribusi di publik tapi khusus terkait ini memang belum ada proses lebih lanjut," ucapnya.

Hari ini TGB melakukan pertemuan dengan Ketua MPR sekaligus Ketum PAN Zulkifli Hasan di kompleks parlemen. Pertemuan tersebut atas undangan Zulkifli untuk membahas pemilu damai.

Saat disinggung apakah keduanya membahas pencalonan presiden, TGB menjawab normatif hanya membahas bagaimana menjalankan pemilu yang demokratis. Ketika ditanyakan apakah siap jika dipinang PAN, dia tak menjawab dengan tegas.

"Wallahualam, ini proses masih panjang sekali. Kalau saya dengan segala keterbatasan bahwa kita semua sepakat bahwa anak bangsa harus siap penugasan yang ada," ucapnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Demokrat Ngotot Ajukan AHY

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Agus Hermanto mengatakan pihaknya terus mengupayakan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon presiden. Agus menyatakan, kepada calon partai koalisi, hanya menyodorkan nama AHY sebagai tokoh yang dijagokan.

"Sampai saat ini kita melihat Partai Demokrat masih upayakan poros ketiga, dalam poros ketiga yang kita ingin kita dorong tentunya yag sudah didorong Mas AHY. Mas AHY yang kita fokuskan untuk menjadi pimpinan," ujar Agus di Kompleks Parlemen, Jakarta Selatan, Rabu (9/5/2018).

Agus menuturkan, keputusan nanti akan diambil di tingkat Majelis Tinggi Partai Demokrat. Namun, dia mengklaim bahwa semua kader partai menginginkan AHY sebagai pemimpin masa depan Demokrat.

"Saat ini masih fokus bisa memberikan strategi terbaik dalam pilpres, apakah ini akan membangun poros ketiga apakah kita ingin mengambil salah satu poros, tapi dari semuanya seluruh kader menginginkan AHY menjadi next leader," jelasnya.

Reporter: Ahda Bayhaqi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.