Sukses

Menhub Pastikan Liburan Natal dan Tahun Baru Nihil Macet

Menhub Budi Karya Sumadi melakukan Ramp Check di tiga titik jalur mudik natal dan tahun baru di Cirebon, Tegal dan Batang.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan Ramp Check di tiga titik jalur mudik natal dan tahun baru di Cirebon, Tegal dan Batang. Budi Karya ingin memastikan angkutan yang dipakai masyarakat untuk liburan dalam kondisi baik. 

Di Rest Area KM 207 Cirebon, Menhub mendapat penjelasan dari Direktur Operasi I Jasa Marga M Sofyan. Menhub mendapat penjelasan terkait dengan jumlah Rest Area yang ada dari Jakarta sampai Surabaya.

Usai paparan, dia kunjungan ke tempat UMKM dan menyapa masyarakat yang tengah istirhat.

"Apa kabar? Mau kemana?," tanya Budi Karyakepada keluarga.

"Baik pak menteri, kita mau jalan-jalan ke Yogya pak, dari Palembang," Jawabnya.

"Wah satu kampung kita, dari kapan jalan dari Palembang?"

"Kemarin pak,"

"Baik selamat jalan, hati-hati dijalan, jangan melebihi 100km/jam ya," Imbaunya.

Budi Karya mengapresiasi kerja Kementerian PU, Kementerian BUMN dimana jalan tol Jakarta-Surabaya selesai bahkan ada beberapa ruas yang gratis.

"Satu kebahagiaan saya, tidak ada isu macet selama arus liburan Natal dan Tahun Baru ini. Artinya, jalan tol Jakarta-Surabaya ini memberikan solusi bagi kemacetan," katanya.

Bahkan kata Menhub, jalan tol ini juga memangkas waktu tempuh. Jakarta Semarang kata Menhub untuk saat ini hanya ditempuh dalam waktu 5 jam dari 8 jam. Dan Jakarta-Surabaya bisa ditempuh dalam waktu 9 jam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tes Kesehatan

Budi Karya juga mengunjungi pos kesehatan di rest area tersebut dan tensi darah. Ini dilakukan, karena agenda hari Sabtu ini sangat padat. Setelah dari Cirebon, Menhub melanjutkan kunjungannya ke Kota Tegal yang hanya ditempuh dalam waktu 45 menit.

Sebelum melakukan Ramp Check diterminal Tegal, dia menyempatkan untuk mencicipi makanan khas tegal yaitu Sate Batibul. Di Terminal Tegal, Menhub melakukan Ramp Check di bus Dewi Sri tujuan Tegal-Jakarta.

"Setelah saya cek semua berjalan normal, rem tangan, lampu, saya minta tidak melebihi kecepatan agar selamat sampai tujuan," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.