Terima Nelayan, Jokowi Janjian Tangkap Buaya di Mamberamo Papua

Oleh Liputan6.com pada 08 Mei 2018, 14:12 WIB
Diperbarui 08 Mei 2018, 14:12 WIB
jokowi nelayan
Perbesar
Jokowi menerima perwakilan nelayan dan peserta Rembug Nasional Tahun 2018 serta Musyawarah Nasional VII Himpunan Nelayan seluruh Indonesia di Istana Negara. (Merdeka.com/Titin Supriatin)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima perwakilan nelayan dan peserta Rembug Nasional Tahun 2018 serta Musyawarah Nasional VII Himpunan Nelayan seluruh Indonesia di Istana Negara, Jakarta. Di sela-sela pertemuan, Jokowi memberikan kesempatan kepada nelayan untuk menyampaikan keluhan.

Marince, nelayan wanita asal Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua, salah satu yang ingin menyampaikan unek-unek. Sebelum Marince menceritakan aktivitas nelayan di Mamberamo, Jokowi terlebih dulu mengajukan pertanyaan.

"Nelayan di Mamberamo kalau masuk ke laut kemudian pulang bisa bawa ikan apa saja dan berapa kilo atau berapa ton?" ucap Jokowi, Selasa (8/5/2018).

Marince malah menjawab jumlah nelayan di Mamberamo sebanyak 2.000 orang. Mereka tidak hanya menangkap ikan, tapi juga buaya.

"Kami mempunyai 2.000 nelayan yang hampir 80 persen nelayan perempuan. Ya, itu nelayan tangkap ikan dan nelayan tangkap buaya," kata dia.

Tidak yakin nelayan perempuan di Mamberamo bisa menangkap buaya, Jokowi kembali bertanya. Jokowi khawatir Marince keliru menjawab pertanyaannya.

"Di Mamberamo tidak hanya nangkap ikan, tapi buaya juga? Benar?" kata Jokowi.

"Betul bapak," jawab Marince.

"Bener?" timpal Kepala Negara lagi.

"Iya Bapak Presiden," ucap Marince.

"Serem juga," kata Jokowi disambut tawa para nelayan yang hadir.

Mantan Wali Kota Solo ini kemudian bertanya mengenai alat transportasi yang tepat dari Jayapura menuju Mamberamo.

Menurut Marince, sebaiknya menggunakan pesawat khusus seperti pesawat Susi Air milik Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

"Bisa dengan pesawat seperti yang punya Bu Susi," ucap Marince.

2 dari 2 halaman

Janji Datang

26 Hari Jalan Kaki, Sopir Truk  Agus Yuda Diterima Presiden Jokowi
Perbesar
Seorang sopir truk bernama Agus Yuda (kiri) berbincang dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Selasa (8/5). Agus mengaku berjalan kaki selama 26 hari dari Sidoarjo menuju Jakarta untuk bertemu Jokowi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jokowi lalu menyampaikan bakal mendatangi Mamberamo. Di sana, dia ingin melihat ikan dan nelayan wanita menangkap buaya. Jokowi juga ingin mencoba menangkap buaya bersama nelayan wanita.

"Nanti saya akan carikan waktu, saya akan lihat danau yang ikannya banyak. Tapi kalau enggak ada ikannya awas. Sama di sana nangkap buaya bisa? Saya ikut bisa? Saya mau nangkap buaya tapi dengan nelayan ibu-ibu loh ya, janjian ya," kata Jokowi disambut tawa lagi.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait