Sukses

Ratusan Ribu Pelajar Ikuti SBMPTN 2018 Hari Ini

Peserta SBMPTN tersebut akan memperebutkan lebih kurang 135 ribu kursi di perguruan tinggi negeri (PTN).

Jakarta - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) digelar hari ini, Selasa, 8 Mei 2018. Ada 860.001 peserta yang akan mengikuti ujian tersebut.

Ketua Panitia Pusat SBMPTN Ravik Karsidi menjelaskan, jumlah peserta tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan peserta yang mendaftar tahun lalu. Kenaikan tersebut dikatakannya mencapai 15 persen.

Peningkatan ini terjadi salah satunya semakin tingginya minat lulusan untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, sejumlah kesiapan telah dilakukan, baik oleh panitia pusat maupun lokal guna menyukseskan seleksi tersebut.

Sementara, untuk pelaksanaan SBMPTN akan dilakukan dengan dua kategori. Yakni kategori ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) dan ujian tertulis berbasis cetak atau (UTBC).

Pemilihan kategori tersebut disesuaikan dengan kesiapan pelaksana ujian. Mengingat untuk ujian menggunakan komputer juga diperlukan fasilitas yang memadai.

"Untuk peserta yang mengikuti UTBC sebanyak 833.820 peserta, sedangkan yang mengikuti UTBK sebanyak 26.181 peserta," ujar Ravik saat ditemui JawaPos.com di ruang kerjanya, Senin (7/5/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

135 Ribu Kursi

Pada kesempatan tersebut Ravik menambahkan para peserta SBMPTN tersebut akan memperebutkan lebih kurang 135 ribu kursi di perguruan tinggi negeri (PTN) yang diinginkan.

"Untuk ujian tertulis akan dilaksanakan besok, tetapi untuk ujian keterampilan akan dilaksanakan pada tanggal 9 dan 11 Mei mendatang. Ujian keterampilan ini dilakukan seperti POK atau pun seni," katanya.

 

Saksikan berita menarik lainnya di Jawapos.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.