Sukses

Komisi V Dorong Peremajaan Bandara dan Pelabuhan

Pihaknya sudah mencatat beberapa masukan terkait infrastruktur di Sangihe, salah satunya peremajaan bandara dan pelabuhan.

Liputan6.com, Jakarta Tim Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI meninjau beberapa infrastruktur di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara. Diantaranya Bandara Naha, pesisir pantai Kampung Likuang Tabukan Utara, dan Pelabuhan Peti Kemas Tahuna, Senin (30/4/2018).

Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis saat memimpin Kunjungan Kerja ini mengatakan, pihaknya sudah mencatat beberapa masukan terkait infrastruktur di Sangihe, salah satunya peremajaan bandara dan pelabuhan.

“Kita dorong untuk melakukan perpanjangan runway Bandara Naha dan akan ditambah menjadi 2000 meter. Tahun 2019 mendatang akan dibangun 200 meter terlebih dahulu. Sisanya 1800 meter akan menyusul,” kata Fary.

Tahun 2017 lalu, lanjut Fary, pihaknya sudah medorong dan mendukung dana untuk bangunan terminal dan pembangunan pagar bandara.

“Memang masih ada beberapa persoalan untuk membangun pagar, dikarenakan masih ada kebun-kebun masyarakat,” tambahnya.

Politisi Partai Gerindra itu menambahkan, pihaknya juga sudah melihat dan mendengar keluhan masyarakat di pesisir Pantai Likuang. Masyarakat mengeluhkan kondisi mereka dalam mengamankan rumah tinggal ketika air pasang naik.

“Secara langsung kita sudah melihat dan meminta kepada Balai Sumber Daya Air dan mengusulkan supaya pada 2019 ada perlakuan untuk pantai tersebut. Karena setelah dilihat pantai tersebut dalam keadaan emergency. Saya meminta kepada Bupati Sangihes untuk melakukan koordinasi terhadap penanganan dan paling tidak untuk ditindaklanjuti,” tutur Fary.

Selanjutnya, Tim Kunker Komisi V DPR RI meninjau Pelabuhan Peti Kemas Tahuna. Kata Fary, untuk pelabuhan sudah ada pengembangan khususnya untuk perpanjangan di tahun 2019 mendatang.

“Dilihat dari persoalannya, apabila ada kapal-kapal yang besar bahkan melebihi dari panjang pelabuhan ini, makas dibutuhkan dukungan anggaran untuk perpanjangan pelabuhan tersebut. Tapi paling penting adalah pengembangan terminal penumpang karena itu merupakan tempat berkumpul,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Sangihe Jabes Gaghana berterima kasih atas kepedulian Komisi V DPR RI terhadap pembangunan infrastruktur Sangihe.

“Semoga bantuan yang disampaikan segera terealisasi,” harapnya.

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini