Sukses

Melihat Serunya Festival Budaya Dayak di Kalteng

Festival Budaya Isen Mulang dalam rangka memperingati hari jadi Provinsi Kalimantan Tengah ke-61 dibuka dengan gelaran karnaval.

Fokus, Kapuas - Festival budaya Isen Mulang dalam rangka memperingati hari jadi Provinsi Kalimantan Tengah ke-61 dibuka dengan gelaran karnaval. Dalam festival ini juga dilombakan berbagai olahraga tradisional dan adat budaya suku dayak di Kalimantan Tengah. Karnaval budaya menjadi pembuka dalam pagelaran festival budaya Isen Mulang di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (7/5/2018), berbagai tarian daerah disuguhkan oleh masing-masing peserta dari 13 kabupaten dan satu kota se-Kalimantan Tengah. Acara ini menarik perhatian wisatawan lokal dan internasional.

Acara juga dimeriahkan dengan konvoi berbagai mobil hias yang berciri khas dari masing-masing daerah.

"Acara ini sangat memberikan contoh yang baik bagi masyarakat khususnya di Kalimantan Tengah," kata warga Kapuas Erlina Suta.

Selain gelaran karnaval festival budaya Isen Mulang juga mengadakan lomba berbagai olahraga tradisional khas suku dayak, seperti balogo, manyumpit hingga lomba bajukung. Lomba tradisional ini adalah salah satu cara melestarikan adat dan budaya.