Sukses

Pro Kontra Cuti Bersama Lebaran 2018

Siapa tak senang ketika hari libur bertambah. Namun ketika cuti bersama Lebaran 2018 ditambah, tidak semua bisa senang.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa tak senang ketika hari libur bertambah. Namun ketika cuti bersama Lebaran 2018 ditambah, tidak semua bisa senang.

Semula, cuti bersama Lebaran 2018 berjumlah empat hari, yakni 13, 14, 18, 19 Juni 2018. Kemudian ada penambahan tiga hari, yakni 11, 12, 20 Juni 2018. Total menjadi tujuh hari.

Keputusan pemerintah pada 18 April 2018 itu pun disambut dengan sukacita. Warganet langsung mengungkapkan rasa bahagia di linimasa. Tapi selain berdampak positif, ada juga dampak negatif.

Pemerintah pun mengkaji revisi cuti bersama Lebaran 2018. Setelah menimbang kedua dampak, pemerintah pada 4 Mei 2018 memastikan tetap memberlakukan cuti bersama Lebaran 2018 selama tujuh hari.

Selengkapnya bisa dilihat dalam Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Plus Minus

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan, cuti bersama Lebaran 2018 yang ditetapkan pemerintah memiliki sisi positif dan negatif bagi dunia usaha.

"Ya ada plus minus. Plusnya ritel bagus, hotel bagus. Tingkat produktivitas, tapi di sisi ritel positif dan tingkat untuk konsumsi meningkat. Plusnya ritel di daerah, pariwisata juga pasti akan jalan dan ekonomi daerah tumbuh berkembang," kata dia.

Sisi negatifnya, lanjut dia, berdampak pada produktivitas sektor industri. Beban biaya yang harus ditanggung oleh industri lebih besar, karena harus membayar uang lembur bagi pegawainya agar tetap bekerja saat masa cuti bersama berlangsung.

3 dari 3 halaman

Suntik Ekonomi Daerah

Ketua DPR Bambang Soesatyo menilai cuti bersama Lebaran 2018 berdampak positif pada perekonomian di daerah.

"Banyaknya libur Lebaran itu membantu perputaran ekonomi menyebar ke daerah. Tinggal mengatur ritme para pengusaha," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.