Buwas Jamin Stok Beras Aman Selama Ramadan

Oleh Ady Anugrahadi pada 04 Mei 2018, 14:59 WIB
Diperbarui 06 Mei 2018, 14:13 WIB
budi waseso atau buwas

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama Perusahaan Umum Badan Usaha Logistik (Perum Bulog) Budi Waseso atau Buwas menjamin, stok bahan pangan menjelang bulan suci Ramadan tercukupi. Terutama, persediaan beras.

"Kami jamin ketersedian pangan aman. Lebih khusus adalah beras," kata Budi Waseso di Monas, Jumat (4/5/2018).

Mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) itu memastikan ketersedian beras sangat aman dalam jangka waktu dua bulan ke depan.

"Yang jelas secara keseluruhannya itu cukup dan kita punya stok cadangan yang bisa kita gunakan suatu waktu, gitu ya. Jadi aman," ungkap Buwas.

Dia mengaku sedang merancang pendistribusian beras bersama kementerian terkait. Dia berencana membangun agen-agen penjual penyedia beras di seluruh pelosok Indonesia, yang langsung bisa bersentuhan dengan masyarakat. Tujuannya, untuk menjaga kestabilan harga beras.

"Saya memang sedang berpikir untuk melakukan suatu terobosan. Beras tidak hanya ada di pasar. Saya kira beras perlu ada di warung-warung seperti warung kelontong yang ada di masyarakat. Mudah mudahan dengan ketersediaan beras yang begitu menyebar di seluruh pelosok republik ini tidak akan ada yang bisa mempermainkan harga," kata Buwas.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 of 2

Sasar Polsek dan Koramil

Buwas punya jurus jitu menjaga kestabilan harga beras. Salah satunya, dengan melibatkan unsur TNI dan Polri.

"Nanti stok beras itu ada di polsek dan koramil. Jadi jelas aman jadi Bulog akan ngedrop beras-beras itu di polsek dan di koramil, dan sentra-sentra masyarakat itu berada. Jadi tidak ada yang bisa mempermainkan harga," kata Buwas di Monas, Jumat (4/5/2018).

Namun, dia mengaku belum ada nota kesepahaman (memorandum of understanding) dengan kedua institusi tersebut terkait wacana ini. Rencana tersebut baru sebatas pembicaran secara lisan. Itupun baru dengan pihak Polri.

"Secara lisan sudah, terus nanti kita akan bicara dengan pihak TNI, terus akan ada MoU dengan kedua belah pihak itu, sehingga aman ya," ujar Buwas.

"Rencananya secepat mungkin (Mou), kalau saya secepat mungkin. Bisa hari ini kenapa tidak. Nanti kita siapkan secara infrastrukturnya," kata Buwas.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by