Sukses

Top 3 News Hari Ini: Mudahnya Cari Kerja Bagi Ekspatriat di Indonesia

Top 3 news hari ini, tercatat hingga 2017, ada sekitar 126 ribu TKA yang kini bekerja di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini, faktor apa yang membuat ekspatriat atau tenaga kerja asing (TKA) sangat mudah mendapatkan pekerjaan di Indonesia? Salah satunya memiliki pendidikan yang sesuai dengan syarat jabatan yang akan diduduki dan memiliki keahlian tertentu yang tidak dimiliki warga lokal.

Tercatat hingga 2017, ada sekitar 126 ribu TKA yang kini bekerja di Tanah Air. Dengan posisi jabatan sebagi teknisi, konsultan, manajer, profesional, komisaris hingga direksi.

Dengan posisi strategis tersebut, maka wajar bila para pekerja asing yang mengadu nasib di Indonesia digaji lebih besar dari warga lokal.

Salah satu ekspatriat yang berhasil diwawancarai Liputan6.com beberapa waktu lalu adalah seorang editor bahasa yang bekerja untuk koran The Jakarta Post.

James Blacker mengaku saat itu dia hanya sekedar iseng mencari pekerjaan lewat dunia maya. Lewat google, membawa pria asal kota kecil di wilayah barat daya Inggris, Bristol ini dikontrak selama 1 tahun.

Kabar lainnya yang tak kalah menyita perhatian soal gempa yang mengguncang kawasan Pati, Jawa Tengah. Getarannya bahkan terasa hingga ke Jepar dengan skala getaran II-III MMI.

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 News Hari Ini:

1. HEADLINE: Kisah Ekspatriat di Indonesia, Nikahi Artis hingga Naik Ojek

Tim Kunjungan Kerja Anggota Komisi III DPR RI mempertanyakan masih ditemukan Tenaga Kerja Asing ilegal menyalahi prosedur perizinan.

Pekerja asing alias ekspatriat di Indonesia dianggap identik dengan hidup nyaman, gaji tinggi, fasilitas berlimpah, penampilan necis lagi wangi. Setidaknya, itu anggapan orang kebanyakan.

Namun, dalam praktiknya, menjadi pekerja asing atau ekspatriat di Indonesia tak gampang. Banyak tantangan yang harus dihadapi. Tak jarang, mereka harus berpeluh. 

Belum genap lima tahun di negara asalnya, Mike memutuskan kembali ke Indonesia karena melihat berbagai peluang yang ada. Sempat terbersit untuk pindah kewarganegaraan menjadi WNI.

Namun, dia kerap mengurungkan niatnya. Sebab, meski betah tinggal di Indonesia, Mike tetap bangga menjadi orang AS.

Demikian pula soal besaran gaji. Dia mengatakan wajar bila pekerja asing dibayar lebih mahal dari warga lokal. 

Selengkapnya...

2. 4 Senjata Canggih Indonesia yang Bikin Dunia Segan

Atraksi kendaraan tempur dalam acara HUT ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat Cilegon, Banten, Kamis (5/10). Acara HUT ini dimeriahkan oleh demo tempur 5.932 pasukan dan alat utama sistem persenjataan (alutsista) baru dan canggih. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

PT Pindad mampu memproduksi berbagai jenis senjata antara lain; jenis senapan serbu (SSI-VI, SS2-V2, SS1-V3, SS1-V5), Senapan sniper (SPR-1), dan banyak lagi.

Selain senjata buatan sendiri, Indonesia juga melengkapi alutsista militernya dengan senjata yang dikirim dari luar negeri.

Berikut beberapa senjata-senjata canggih milik Indonesia. Raytheon AGM-65K2 adalah salah satu rudal andalan Indonesia yang dipasang pada pesawat tempur F-16.

Rudal ini memiliki diameter 300 mm dan panjang 2,49 meter. Jika digunakan dalam keadaan baik, rudal Raytheon bisa menempuh jarak tembak hingga 24 kilometer.

Selengkapnya...

3. Pati Diguncang Gempa 4,3 SR

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Gempa 4,3 SR mengguncang kawasan Pati Jawa Tengah. Gempa tersebut terjadi pada pukul 05.47 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut lokasi gempa Pati berada pada 6.42 Lintang Selatan, 111.07 Bujur Timur atau 36 km Timur Laut Pati Jateng."

Gempa Pati akibat sesar lokal. Masyarakat diimbau tetap tenang," demikian BMKG.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini