Sukses

HEADLINE: Tragedi Pembagian Sembako di Monas, Perizinan Jadi Pangkal atau...?

Pembagian sembako di Monas berujung tragedi. Polisi kini sedang mengusut siapa yang bertanggung jawab.

Liputan6.com, Jakarta - Komariyah masih terpukul. Ia terus mengenang putranya, MRS, yang telah tiada. Bocah 10 tahun itu meninggal dunia pada Minggu, 30 April 2018 lalu, sehari setelah acara pembagian sembako di Monas.

"Ya Allah, saya enggak ada temannya lagi...Saya nanti sendiri," kata perempuan 49 tahun itu nelangsa kepada Liputan6.com, Kamis (3/5/2018). Anak-anak lain, yang lebih besar, sudah bekerja. 

Komariyah bercerita, pada Sabtu pagi, ia dan putranya berangkat dari rumahnya di Pademangan, Jakarta Utara. Dengan kupon di tangan, mereka bersemangat menuju Monas. Konon, ada pembagian sembako gratis, dapat makan siang, dan berpeluang memenangkan undian hadiah.

Bersama warga yang lain, mereka menumpang bus yang disediakan panitia, berangkat dari Ruko Permata Ancol. Pukul 10.00 WIB, mereka tiba di kawasan Monas.

Namun, kondisi di lokasi pembagian sembako di Monas tak seindah bayangan. Warga tak langsung mendapatkan paket yang dijanjikan. Pemilik kupon harus menghampiri stan demi stan, untuk mendapatkan beras, gula, minyak, kupon makan, kupon hadiah, dan seterusnya. Itu berarti mereka tak hanya antre sekali. 

Warga menukarkan kupon untuk mendapatkan sembako gratis dalam acara

Komariyah menambahkan, jelang siang, suasana kian tak nyaman. Ribuan manusia berjejal di tengah cuaca yang panas menyengat. 

Para pemilik kupon yang sedang antre pun gelisah. Mereka yang tak sabar mencoba menyalip giliran. Aksi saling dorong pun terjadi. Situasi pun ricuh, teriakan emosi, seruan dari panitia, serta tangis dan jeritan bocah-bocah cilik yang diajak orangtuanya bercampur jadi satu.

Saat itu, Komariyah mengaku putranya minta diturunkan dari gendongan. Bocah itu mengaku lapar. Mereka pun mengantre di stan penukaran kupon makan. 

Tatkala sedang antre, aksi dorong kembali terjadi. Pertama, dorongan datang dari bagian belakang. Kala itu, Komariyah dan putranya masih baik-baik saja. 

Tiba-tiba, dorongan datang dari arah depan. Saat itulah, MRS terjatuh dan terinjak-injak. Dengan perjuangan, Komariyah berhasil menarik anaknya keluar dari kerumunan dan melarikannya ke bawah pohon.

Komariyah masih belum percaya anaknya, Rizki Syaputra (10), meninggal saat antre sembako gratis di Monas.

Di situ, bocah berkebutuhan khusus tersebut muntah disertai kejang-kejang. Padahal, saat berangkat ia dalam kondisi sehat. 

Dua orang anggota TNI yang melintas lalu membawa MRS ke posko kesehatan di lingkungan Monas. Lantaran fasilitas tidak memadai, ia langsung dirujuk ke RSUD Tarakan, Jakarta Pusat.

Namun, MRS tak mampu bertahan. Ia dinyatakan meninggal dunia pada Minggu dini hari pukul 04.35 WIB. Komariyah merasa kehilangan anaknya tak sepadan dengan paket sembako gratis. Namun, sesal selalu datang belakangan.

"Maafin emak ya...," kata dia untuk putranya yang telah berpulang, dengan suara lirih. 

MRS bukan satu-satunya korban jiwa. MJ, seorang bocah 12 tahun, juga meninggal dunia setelah menghadiri acara pembagian sembako gratis di Monas.

"Kami sangat prihatin ada dua korban yang mesti kehilangan nyawanya. Dua-duanya warga Pademangan," ucap Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno, di kantornya, Jakarta, Senin, 30 April 2018. 

Keduanya diduga tewas karena terinjak-injak. Kericuhan dalam pembagian sembako itu berbuntut panjang. Panitia dianggap tidak mampu mengelola acara yang menghadirkan banyak orang.

Komariyah, didampingi kuasa hukumnya, melaporkan Ketua Panitia Penyelenggara Pesta Rakayat Forum Untukmu Indonesia, Dave Revano Santoso, ke Bareskrim Mabes Polri pada Rabu 2 Mei 2018.

Laporan polisi itu teregister dengan Nomor: LP/578/V/2018/Bareskrim. Dave dilaporkan dengan dugaan tindak pidana kelalaian yang mengakibatkan kematian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 359 KUHP.

Liputan6.com mencoba menghubungi Dave berkali-kali. Namun, ia tidak merespons pesan dan panggilan telepon.

Padahal, beberapa hari sebelumnya, ia masih terbuka meluangkan wawancara dengan seputar insiden di Pesta Rakyat ke beberapa media. Kepada sejumlah wartawan, ia membantah aksi kelompoknya itu terkait partai politik tertentu.

Warga menunjukkan kupon yang akan ditukarkan sembako gratis dalam acara

Polisi Bentuk Tim Khusus 

Ada perbedaan versi antara Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dengan pihak Polda Metro Jaya.

Sandi mengaku mendapat laporan ada dua orang yang meninggal dunia dalam kegiatan pembagian sembako di Monas. Sementara, Polda Metro Jaya menyebut, dua anak yang meninggal dunia di Monas, Sabtu 28 April, bukan peserta acara bagi-bagi sembako yang dilaksanakan Forum Untukmu Indonesia (FUI).

"Tidak benar," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono pada Selasa 1 Mei 2018.

Ia menambahkan, polisi mendapat laporan pada 28 April sekitar pukul 15.00, ada anak laki-laki berumur 13 tahun pingsan di luar area Monas atau di seberang Mabes Angkatan Darat. Anak ini kemudian dibawa Satpol PP ke RS Tarakan.

"Setelah dicek di RS Tarakan masih hidup. Kemudian beberapa menit kemudian korban meninggal dunia," jelasnya.

Belakangan, atas instruksi Kapolda Metro Jaya, tim khusus dibentuk untuk menyelidiki kasus tersebut. 

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengungkapkan, hal pertama yang dilakukan adalah memeriksa rekaman CCTV yang ada di sekitar lokasi.

Rekaman itu diperlukan untuk memastikan, apakah meninggalnya kedua bocah terkait antrean pembagian sembako di Monas.

"Kita akan lihat nanti. Ada video atau CCTV untuk cek itu," tutur Setyo di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Kamis 3 Mei 2018. "Kita ingin mendalami dan memastikan kronologi kayak bagaimana," jelas Setyo.

Selain itu, penyelidikan juga akan menyoroti perizinan penyelenggaraan acara yang digagas Forum Untukmu Indonesia (FUI).

Terkait itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, bukan tak mungkin Wakil Gubernur akan diundang untuk menjelaskan duduk persoalan perizinan acara bagi-bagi sembako tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Dipolitisasi

Ketidakjujuran panitia penyelenggara disinyalir sebagai pangkal masalah pembagian sembako maut di Monas. Menurut Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede, izin yang diajukan panitia berupa kegiatan kebudayaan.

Kenyataannya jauh panggang dari api. Forum Untukmu Indonesia nyatanya juga menggelar pembagian sembako. Hal itu yang menjadi daya tarik masyarakat.

"Panitia tidak menjelaskan sedetail mungkin acara dan seberapa besar jumlah massa yang hadir. Dan ternyata jumlah massa yang hadir luar biasa banyaknya," kata Mangara.

Menilik Peraturan Gubernur Nomor 186 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Kawasan Monas Pasal 6 ayat 2, kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar harus mendapat persetujuan Gubernur.

Tak hanya itu, proposal permohonannya pun lebih dulu dikaji tim khusus yang melibatkan Sekretariat Negara, Polisi, TNI dan Pemprov DKI.

Manggara menuturkan, ribuan massa menyemut di Monas pada Sabtu, 29 April 2018. Pada pukul 11.00, jumlah peserta bagi-bagi sembako sudah mencapai 100 ribu orang.

Informasi yang sejak awal keliru diduga membuat aparat tidak siap mengantisipasinya. Mangara sempat turun langsung ke lokasi hari itu. Ia berdiskusi dengan Kapolres Jakarta Pusat, Dandim Jakarta Pusat, dan Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya.

Keempatnya sepakat pembagian sembako harus segera dihentikan. Namun, kondisi di lapangan membuat semua jadi serba salah. Massa sudah membeludak. Keputusan itu pun urung terlaksana.

Skenario penghentian diubah, menjadi mengawal pembagian sembako. "Bukan menjadi pelaksana, tetapi mengawal supaya tidak terjadi situasi yang tidak dikehendaki," ungkap Mangara.

Pemprov DKI, kata dia, kemudian membantu untuk mengatur cara bagi-bagi sembako. Acara baru usai menjelang Magrib.

Tak hanya keramaian ekstrem yang diduga merenggut korban jiwa. Belakangan, masalah lain yang tidak diantisipasi juga muncul. Yakni, sampah yang menumpuk hingga 70 ton beratnya.

Juga ada sejumlah problem lain seperti kerusakan sarana dan prasarana. 

Masuk Daftar Hitam

Warga antre untuk mendapatkan sembako gratis dalam acara

Yang jelas, Pemprov DKI kini memasukkan Forum Untukmu Indonesia dalam daftar hitam. Mereka tidak akan mendpaat lagi izin penyelenggaraan kegiatan. Rupanya, FUI tak hanya melanggar Pergub nomor 186 tahun 2017.

"Kedua (langgar) peraturan ketenteraman dan ketertiban, banyak sekali yang dilanggar. Beberapa sedang diinventaris biro hukum apa saja yang dilanggar," kata Sandi di Kementerian Koperasi, Rabu 2 Mei 2018.

FUI juga mencatut logo resmi Pemprov DKI tanpa izin. Seolah, kegiatan itu diselenggarakan Pemprov DKI.

Di sisi lain, Sandiaga mengatakan peristiwa ini akan menjadi pelajaran bagi Pemprov DKI. Ke depan, perizinan akan diperketat.

"Dan ini jadi koreksi untuk Pemprov. Bahwa penggunaan daripada Monas ini betul-betul harus dipastikan," Sandiaga berujar.

Ia menegaskan bertanggung jawab terhadap insiden pembagian sembako di Monas. Bagaimanapun, menurut Sandi, peristiwa itu terjadi di wilayah DKI Jakarta.

Politikus Gerindra ini juga meminta pihak penyelenggara secara ksatria meminta maaf pada keluarga korban. "Kita harapkan panitia juga gentleman dong, ksatria minta maaf. Kami saja yang tidak salah minta maaf," ucap Sandiaga.

Jangan Dipolitisasi

Ribuan warga menyambangi Monas dalam kegiatan bagi-bagi sembako (Liputan6.com/ Ady Anugrahadi)

Spekulasi dan isu terkait pembagian sembako di Monas berseliweran. Dari menyinggung politik hingga yang menyerempet SARA. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meminta insiden pembagian sembako di Monas tak dipolitisasi.

"Mari kita tidak mempolitisasi musibah ini," kata Sandiaga di Pasar Pelita, Jakarta Utara, Kamis (3/5/2018). Ini, kata dia, sebagai bentuk penghormatan bagi para korban dan keluarganya.

Pemprov DKI dengan penyelenggara Forum untukmu Indonesia (FUI) dan juga dengan parpol oposisi.

"Jangan bentur-benturkan kami dengan penyelenggara, jangan benturkan kami dengan parpol yang kebetulan tidak mendukung kami pada pilkada sebelumnya," ujar dia.

Sandiaga Uno mengaku sudah bertemu Ketua Forum Untukmu Indonesia (FUI) Dave Santosa.

Pertemuan dengan Dave difasilitasi Ketua Perindo DKI Jakarta Sahrianta Tarigan. Mereka bertemu pada Senin malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.