Sukses

Bertemu Wapres Iran, Menko Puan Promosi Pemberdayaan Perempuan di Indonesia

Ada banyak kerja sama yang bisa dijalin antara Indonesia dengan Iran.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Iran, Masuomeh Ebtekar berkunjung ke Indonesia dan menemui Menko PMK, Puan Maharani di kantornya. Di depan Mousameh, Puan Maharani menjelaskan hal yang sudah dilakukan terkait pemberdayaan perempuan.

"Ke depan, diharapkan kerja sama yang sudah baik ini dapat meluas lagi ke bidang-bidang lainnya termasuk ekonomi," kata Menko Puan Maharani di ruang pertemuan utama Kantor Kemenko PMK, Rabu 2 Mei 2018.

Ada banyak kerja sama yang bisa dijalin antara Indonesia dengan Iran, terutama soal pemberdayaan perempuan dan anak.

Puan menjelaskan, mulai dari upaya perlindungan, penguatan pendidikan, kesehatan, hingga upaya kemandirian ekonomi. Kepada Mousameh, dijelaskan juga pentingnya pendidikan bagi perempuan demi kemajuan mereka dan anak-anak di masa depan.

"Di bidang politik, kami terus mendorong keterpenuhan kuota 30 persen untuk perempuan di parlemen agar perempuan dapat mewakili suara kaumnya," ujar Puan.

Selain itu, juga ada Program Keluarga Harapan (PKH) yang dapat melatih perempuan Indonesia untuk mandiri secara ekonomi sambil coba menyehatkan keluarganya dengan memberikan makanan bergizi.

Perempuan Indonesia juga diberdayakan dengan memanfaatkan program Dana Desa. Harapannya, para ibu di desa bisa menciptakan bahan pangan penuh gizi menggunakan bahan pangan lokal yang menjadi potensi di desa itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuann Warga Miskin

Puan juga memaparkan bantuan pemerintah bagi warga miskin hingga siswa tidak mampu melalui Kartu Indonesia Pintar yang sudah dibagi kepada sekitar 19,7 juta anak sekolah. Ada juga Kartu Indonesia Sehat yang di tahun 2019 nanti diharapkan bisa memenuhi pelayanan kesehatan seluruh warga secara gratis.

"Melalui koordinasi antarkementerian teknis yang berada di lingkup koordinasi Kemenko PMK, saya akan minta terutama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak untuk menindaklanjuti peluang kerja sama dengan Iran ini. Begitu juga dengan peluang kerja sama bidang lingkungan hidup. Indonesia siap berbagi pengalaman dan diajak bekerjasama," jelas Puan.

"Khusus untuk ekonomi perempuan, kita berharap kerja sama kedua negara di bidang ini dapat menciptakan para perempuan yang dapat menjaga tidak hanya keluarganya tetapi juga ekonomi keluarganya," lanjut dia.

Dalam kesempatan ini, Masoumeh juga bercerita kalau perempuan di Iran sangat sibuk mengejar pendidikan. Sudah 27 persen di antaranya merupakan perempuan dengan pendidikan tinggi.

"Kami memberikan pendidikan tambahan bagi mereka yang mau merintis usaha, mulai dari pelatihan, pengelolaan, hingga marketingnya. Kami berikan pula mereka pelatihan teknologi informasi agar nantinya mereka dapat memasarkan hasil usaha mereka bahkan ke dunia," kata Mousameh.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.