Sukses

Gaya Kekinian Gubernur Sulut Rayakan Hardiknas 2018

Menurut Olly pentingnya penguatan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi NKRI.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional, Rabu (2/5/2108) Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, mengajarkan pendidikan kewarganegaraan, layaknya seorang guru. Dihadapan ribuan siswa-siswi SMA/SMK, dia menerangkan 4 Pilar Kebangsaan.

Yang menarik, dia mengajarkan dengan gaya mengajar kekinian alias zaman now. Dimana membuat para siswa baik yang menyimak langsung di dalam ruangan dan via video conference online di 10 kabupaten dan kota, makin bersemangat.

Dia menuturkan, pentingnya penguatan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi NKRI. Pancasila sebagai ideologi dan falsafah kehidupan, yang masih sesuai dengan konteks kekinian Bangsa Indonesia. Bahkan setiap tanggal 1 Juni rakyat Indonesia memperingati hari lahirnya Pancasila.

"Pancasila senantiasa harus diyakini kebenarannya, dipelajari, dimengerti dan dipahami serta dipraktikkan dalam kehidupan guna tetap kokoh sebagai living ideology," ucap Olly yang merupakan kader PDI Perjuangan itu.

Menurut dia, alasan utama Pancasila harus diyakini kebenarannya, karena tidak dapat dipungkiri bahwa dalam beberapa dekade terakhir ini, mengalami keterpurukan yang ditandai dengan munculnya perilaku masyarakat yang seolah-olah mulai melupakan sejarah lahirnya Pancasila.

Oleh karenanya, fungsi Pancasila sebagai pengatur perilaku negara menjadi sangat penting.

"Fungsi Pancasila juga sebagai pengatur perilaku negara, artinya Pancasila merupakan Sumber Hukum Dasar Nasional yang secara konstitusional mengatur NKRI beserta seluruh unsurnya, yaitu rakyat, wilayah serta pemerintahan negara," ungkap politisi PDIP itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Raih Rekor MURI

Karena itu, masih kata dia, pemerintah menyadari arti penting Pancasila. Tak tanggung-tanggung, Presiden Joko Widodo atau Jokowi membentuk Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) yang diketuai Presiden RI ke 5 Megawati Soekarnoputri.

"Lembaga ini memegang peranan penting untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program-program pembangunan yakni pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya," tukas dia.

Usai mengajar, dia menerima piagam dari MURI karena berhasil menciptakan rekor sebagai sebagai Gubernur pertama di Indonesia yang mengajar 4 Pilar Kebangsaan melalui siaran langsung ke siswa terbanyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini