Gempa Dangkal 3,3 SR Guncang Gunung Salak Bogor

Oleh Maria Flora pada 02 Mei 2018, 20:10 WIB
Diperbarui 04 Mei 2018, 19:13 WIB
Gempa Bumi

Liputan6.com, Bogor - Gempa bumi mengguncang sekitar Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, pukul 18.11 WIB, Rabu (2/5/2018). Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa tersebut berkekuatan 3,3 skala Richter (SR).

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG Hary Tirto Djatmiko mengungkapkan, koordinat episenter lindu berada pada 6,80 Lintang Selatan (LS) dan 106,68 Bujur Timur (BT). Atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 27 km arah barat daya Kota Bogor di kedalaman 14 km.

"Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan, dampak gempa berupa guncangan lemah disekitar Gunung Salak, Bogor," kata Kepala Balai Besar MKG Wil II Tangsel Joko Siswanto.

Berdasarkan laporan masyarakat, guncangan gempa dirasakan hingga di daerah Gunung Salak, Bogor, dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI). Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa bumi.

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan lindu dengan kedalaman dangkal akibat sesar lokal," tambah Joko.

2 of 2

Tidak Ada Gempa Susulan

Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

 

Hingga saat ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (after shock).

Untuk itu, masyarakat di sekitar wilayah Gunung Salak, Bogor, diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

 

Saksikan video pilihan selengkapnya di bawah ini: 

Lanjutkan Membaca ↓