Sukses

Gempa Dangkal 3,3 SR Guncang Gunung Salak Bogor

Hingga saat ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Liputan6.com, Bogor - Gempa bumi mengguncang sekitar Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, pukul 18.11 WIB, Rabu (2/5/2018). Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa tersebut berkekuatan 3,3 skala Richter (SR).

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG Hary Tirto Djatmiko mengungkapkan, koordinat episenter lindu berada pada 6,80 Lintang Selatan (LS) dan 106,68 Bujur Timur (BT). Atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 27 km arah barat daya Kota Bogor di kedalaman 14 km.

"Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan, dampak gempa berupa guncangan lemah disekitar Gunung Salak, Bogor," kata Kepala Balai Besar MKG Wil II Tangsel Joko Siswanto.

Berdasarkan laporan masyarakat, guncangan gempa dirasakan hingga di daerah Gunung Salak, Bogor, dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI). Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa bumi.

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan lindu dengan kedalaman dangkal akibat sesar lokal," tambah Joko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Ada Gempa Susulan

 

Hingga saat ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (after shock).

Untuk itu, masyarakat di sekitar wilayah Gunung Salak, Bogor, diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

 

Saksikan video pilihan selengkapnya di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.