Sukses

Mengintip Kampung Mural Ramah Anak di Cirebon

Selain di Kampung Suradinaya Selatan lukisan mural tiga dimensi ini juga dibuat di sejumlah gang lain dengan tema berbeda.

Fokus, Cirebon - Gang Damai, Kampung Suradinaya Selatan, Kelurahan Pekiringan, Kota Cirebon, Jawa Barat menjadi kampung percontohan ramah lingkungan dan anak.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (30/4/2018), di kampung ini tampak sejumlah pelaku seni tengah merampungkan lukisan mural tiga dimensi sepanjang 100 meter.

Lukisan itu dikerjakan selama hampir satu minggu oleh sembilan seniman dengan mengusung konsep sepak bola dan tradisi Cirebonan.

Tak ketinggalan juga gambar udang yang merupakan lambang Kota Cirebon. Mural ini bukan hanya membuat kampung padat penduduk itu jadi semarak, tapi juga sengaja dibuat untuk dijadikan obyek swafoto.

"Jadi awalnya kita konsepnya ramah anak. Hal-hal yang jadi indikatornya setiap gang itu kita usahakan menjadi tempat yang nyaman bagi anak-anak," ujar Gandi selaku lurah setempat.

Selain di Kampung Suradinaya Selatan, lukisan mural tiga dimensi juga dibuat di sejumlah gang lain dengan tema berbeda. Selanjutnya akan dibuat juga bangku dan taman kecil untuk menambah kesan asri pada permukiman padat tersebut.