Sukses

Jokowi: Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Pertemuan Kim Jong-un dan Trump

Tawaran itu Jokowi sampaikan saat bertemu duata besar luar biasa dan berkekuatan penuh Korea Utara dan Korea Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menawarkan diri menjadi tuan rumah pertemuan antara Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serika Donald Trump.

Tawaran ini disampaikan Jokowi saat menerima kedatangan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang-beom dan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Korea Utara untuk Indonesia, An Kwang Il.

"Kami menawarkan apabila ada yang rencana petemuan antara Presiden Kim Jong-un dan Presiden Donald Trump untuk bisa dilaksanakan di Indonesia," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/4/2018).

"Indonesia siap untuk menjadi tuan rumah pertemuan-pertemuan itu," sambung dia.

Namun, Jokowi mengaku belum mendapat jawaban dari Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Korea Utara untuk Indonesia, An Kwang Il dalam pertemuan tadi. Menurut Jokowi, An Kwang akan menyampaikan tawaran itu ke Kim Jong Un.

"Ya belum. Beliau masih menyampaikan ke sana terlebih dulu," ungkap Jokowi.

Sementara itu, dalam pertemuan ketiganya, Jokowi mendapat penjelasan mengenai tindak lanjut dari pertemuan bersejarah Presiden Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Ia menegaskan, Indonesia mendukung penuh agar proses itu berlanjut ke dalam kesepakatan-kesepakatan yang bisa berdampak pada perdamaian di kawasan asia dan seluruh dunia.

"Dan, beliau tadi menceritakan akan ada proses tindak lanjut dari pertemuan kedua Presiden baik nantinya pertukaran keluarga yang terpisah dan kemudian juga proses dalam pembangunan kantor untuk penghubung komunikasi dari Korsel dan Korut," terang Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertemuan Korut - Korsel

Sebelumnya, Pemimpin Korea Selatan dan Korea Utara menggelar pertemuan pada Jumat, 27 April 2018. Kim Jong Un tercatat menjadi pemimpin Korea Utara pertama yang datang ke Korea Selatan setelah lebih dari 50 tahun berlalu.

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, menyambut kedatangan Kim Jong Un di Garis Demarkasi Militer atau Demilitarized Zone (DMZ). Keduanya bergandengan tangan saat berjalan di karpet merah menuju Peace House atau Gedung Perdamaian di Panmunjom, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.