Sukses

Kisah Haru Briptu Nova, Polwan yang Bertugas di Hari Pernikahannya

Seorang Polwan, Briptu Nova, dan calon suaminya terpisah jarak ratusan kilometer saat pembacaan ijab kabul pernikahan. Nova hanya bisa menyaksikan ijab kabul dari video call.

Liputan6.com, Jakarta - Briptu Nova menangis menatap laptop di hadapannya. Dari layar tampak Briptu Andik Rianto, calon suami polwan itu, mengucapkan ijab kabul di depan penghulu.

Pengantin itu terpisah jarak ratusan kilometer. Ijab kabul dibacakan Briptu Andik Rianto di Pontianak, Kalimantan Barat. Sementara, Briptu Nova justru berada di Cikeas, Bogor.

Nova tengah mengikuti seleksi untuk menjadi Polisi PBB atau United Nations Police di Puslat Multi Fungsi Polri Cikeas. Panggilan tugas memaksanya tak bisa mendampingi Briptu Andik saat membacakan ijab kabul.

Nova terpaksa hanya bisa menyaksikan melalui video call. "Ijab kabul pukul 10.00 WIB tadi," kata Nova ketika dihubungi Liputan6.com, Sabtu (28/4/2018).

Saat saksi mengatakan 'sah', Nova tersenyum bahagia. Begitu juga rekan sesama anggota Polri yang menemaninya di Cikeas.

Dalam jadwal, seharusnya ujian selesai pada Jumat 27 April 2018. Namun, terjadi perubahan yang mengharuskannya tetap di lokasi tes saat hari pernikahan.

Alhasil, Nova tak bisa hadir di akad penikahannya. Keputusan itu mendapat dukungan dari calon suaminya, Briptu Andik.

Terlebih, Nova telah menjalani pelatihan persiapan untuk ujian sejak September 2017.

"Selama beberapa minggu saya belajar dan latihan. Sampailah pemanggilan, tesnya itu molor sampai Sabtu, karena masih ada tes yang harus saya jalani," kata Polwan berjilbab itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hadiri Resepsi

Kendati demikian, Nova masih dapat mengikuti acara resepsi pernikahannya yang digelar sore ini, pukul 15.00 WIB di Pontianak. Tetapi keesokan harinya, Nova harus kembali terbang dari Pontianak ke Jakarta untuk menyelesaikan ujian menembak di Sepolwan Ciputat, Banten.

"Saya mau ke bandara ini, mau ngejar resepsi, tadi pagi selesai melaksanakan ujian mengemudi," kata Nova.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.